Kandang Kelinci Bagi Penghobi dan Peternak Skala Kecil

Kandang merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, karena kandang yang baik dan sehat juga berpengaruh terhadap kesehatan dan kelangsungan hidup dari kelinci kesayangan.

Buat yang mempunyai kelinci hanya 1 atau 2 ekor tentu perkandangan tidak terlalu menjadi persoalan, kelinci dapat dilepas di dalam rumah layaknya kucing. Atau dapat juga dibelikan kandang kecil seperti di bawah ini.

kandang kelinci praktis

Namun bagi para penghobi yang mempunyai koleksi kelinci lumayan banyak dan bagi yang ingin memulai beternak kelinci, ada baiknya anda menggunakan kandang model Baterai sebagai alternatif untuk menghemat lahan.

Kelebihan dari kandang model ini adalah:
  • Sanitasi mudah dilakukan
  • Perkelahian dan kanibalisme tidak akan terjadi karena satu kandang hanya diisi 1 ekor kelinci
  • Jika ada 1 kelinci yang sakit, maka kelinci yang lainnya tidak mudah tertular
  • Program pengembangbiakan dapat diatur lebih mudah
  • Dapat menekan angka kematian anak kelinci



Ukuran Kandang Kelinci Yang Sesuai

Ukuran kandang untuk kelinci dibedakan berdasarkan besar dari masing-masing kelinci yang ada. Di Tabos Rabbit ada 3 ukuran yang digunakan berdasarkan kegunaanya.

Foto kandang dibawah ini adalah model kandang Baterai Bertingkat Tiga. Masing-masing kamar mempunyai ukuran 65cm x 60cm x 45cm, digunakan untuk menempatkan kelinci jantan dan kelinci betina usia dara (belum siap kawin).

model kandang kelinci baterai bertingkat

Selanjutnya untuk kelinci-kelinci betina yang sudah siap kawin / bunting / sudah melahirkan dan sedang merawat anak-anaknya, Tabos Rabbit menggunakan model kandang Baterai bertingkat 2.

Ukuran masing-masing kamar lebih besar karena memang akan digunakan sebagai tempat buat induk kelinci untuk membesarkan anak-anaknya hingga usia sapih. Ukurannya yaitu 100cm x 60cm x 60cm, seperti pada gambar di bawah ini.

model kandang kelinci baterai bertingkat 2

Disamping kedua model kandang Baterei tersebut, Tabos Rabbit juga menggunakan satu lagi model kandang kelinci Bateri bertingkat 3 yang mempunyai ukuran kamar lebih kecil, yaitu 45cm x 60cm x 45cm. Kandang ini digunakan sebagai tempat untuk pertumbuhan anak kelinci yang baru lepas sapih.

Selamat berkreasi untuk membuat kandang bagi kelinci-kelinci kesayangan anda!

NB:
  • Dapatkan Panduan Lengkap cara menentukan tujuan berternak yang baik dan benar, cara menentukan kandang yang dipakai, sistem pemeliharaan, dll... secara GRATIS >> Klik Disini


10 komentar

maz kalo kandang bateray bertingkat gmana brshinya ?

tu pembuatanya bagus yg pke kawat pa kayu semua?

Klo masalah bahan saya rasa itu pilihan, jadi terserah saja. Klo dengan kawat pengerjaannya bisa lebih cepat dan praktis. Untuk lantai kandang sebaiknya menggunakan bambu.

Berapa harga kandang battery yang tingkat 2 mas?

Mas,,kandang lipat tuh brp harganya?

Maaf, Tabos Rabbit hanya menyediakan informasi. Sampai saat ini Tabos Rabbit tidak menjual kandang.

Mas ada balai pelatihan ternak kelinci ga.. buat pemula.. thanks

Ada, Balitnak punya pemerintah di Bogor.

bukanya kalo pake bambu bambunya bisa di makanin kelincinya iia?

klo lantai kandang kecil kemungkinannya untuk digerogotin krn pasti susah, kecuali jarak bilahnya terlalu lebar.


EmoticonEmoticon