Kelinci Belang Sumatera (Rare Indonesian Rabbit)

kelinci terlangka di duniaKelinci Belang Sumatera (Rare Indonesian Rabbit) - Mungkin sedikit yang tahu kalau ternyata di Indonesia juga ada satu ras kelinci yang tidak akan ditemui di belahan bumi lain, atau dengan kata lain asli 'made in Indonesia'. Kelinci tersebut dikenal dengan nama kelinci belang sumatera (Nesolagus Netscheri).

Kelinci ini hanya terdapat di hutan di gunung-gunung di pulau Sumatera, antara lain gunung Kerinci, Gunung Barisan, dan Gunung Leuser yang mempunyai ketinggian antara 850m - 2300m. Walaupun keberadaanya diketahui, namun kelinci Belang Sumatera sangat susah untuk ditemui, tercatat baru hanya 3 kali berhasil diabadikan fotonya dalam 35 tahun terakhir ini. Bersifat nocturnal dan bersarang pada bawah pohon serta lubang-lubang bawah tanah yang tidak dibuat sendiri. Kebanyakan lubang-lubang yang digunakan tersebut adalah bekas sarang binatang lain atau lubang alami karena proses cuaca. Kelinci ini adalah salah satu kelinci terlangka di dunia serta statusnya hampir punah.

Ciri-Ciri Kelinci Belang Sumatera

  • Mempunyai warna cokelat kuning keemasan serta adanya pola garis hitam yang merentang di sepanjang tubuhnya. Pola warna hitam juga ditemui di sekeliling mata, sisi-sisi kepala belakang, hingga ke pangkal telinga.
  • Panjang tubuhnya hanya sekitar 30 cm, dengan berat rata-rata 1,5 kg.
  • Telingan kecil dan pendek, serta ekor yang sangat pendek.
Jadi siapa bilang Indonesia tidak punya jenis kelinci asli? Kelinci belang sumatera ini adalah kelinci asli Indonesia, dan juga salah satu jenis kelinci terlangka di dunia.

2 komentar

ada yang jual gak ya mas.....bagus


harganya berapa??

Setau saya belum ada yang mempunyai jenis kelinci ini.


EmoticonEmoticon