Penyakit Scabies Atau Kudis Pada Kelinci

Penyakit kudis adalah yang lumayan paling sering menyerang kelinci, khususnya yang dipelihara di tanah atau kandang postal. Penyebab dari penyakit kudis ini adalah kutu (sarcoptes scabie) yang masuk ke dalam kulit dengan cara merusak lapisan kulit bagian atas.

Hal itu akan menyebabkan infeksi kulit dengan ciri-ciri... kulit kelinci berwarna kemerah-merahan, bulu rontok, dan gatal-gatal yang sangat pada kelinci. Pertama-tama akan menyerang bagian kepala, lalu menjalar ke mata, hidung, kaki, hingga akhirnya ke seluruh tubuh.

scabies atau kudis pada kelinci

Pencegahan scabies adalah dengan rajin membersihkan kandang kelinci dan rutin menyemprot kandang menggunakan disinfektan (Asuntal, Neguvan, dll). Kandang yang pernah dihuni oleh kelinci yang terkena kudis harus dibersihkan dan disemprot dengan cermat, serta dibiarkan kosong kurang lebih selama 2 minggu - sebelum digunakan kembali.


Cara Mengobati Kudis Pada Kelinci

Cara pengobatan kelinci yang terkena penyakit kudis dapat dengan menyuntikan obat kutu diantara kulit dan daging (ini apabila penyakitnya belum parah). Obat buat injeksi ada banyak macam dan dapat dicari di toko peternakan atau pertanian.

Apabila kudis yang dialami kelinci sudah agak parah... maka sebaiknya lukanya segera dicuci dengan air hangat hingga bersih, dilap, setelah itu luka diolesi dengan obat kudis. Dapat dioles dengan salep belerang atau bedak gatal untuk manusia yang dicampur minyak tanah terlebih dahulu.

Lakukan pengobatan setiap 2 hari sekali.

Perhatikan!
  • Penyakit ini dapat menular ke manusia.
  • Gunakan sarung tangan saat melakukan pengobatan.
  • Cucilah tangan menggunakan sabun hingga bersih setelah melakukan pengobatan.

Saat ini sudah sangat mudah untuk mengobati penyakit scabies atau kudis yang menyerang kelinci. Obat-obat injeksi yang dijual bebas di toko-toko pertanian/peternakan rata-rata sangat mujarab untuk mengatasinya.

6 komentar

saya punya kelinci anggora..
sudah 2 hari ini hidungnya sering sekali digaruk2..
sampai2 bulu dihidungnya basah dan kotor..
saya bingung itu kenapa? dan apa ada obatnya?
terima kasih..

saya punya kelinci anggora.
setiap hari kelinci saya sering sekali garuk-garuk kupingnya, dan kakinya.
saya bingung itu kenapa? padahal kandangny setiap hari sudah di bersihkan dan waktu itu kelinci saya sudah di mandikan.
tapi kenapa ya kelinci saya sering garuk-garuk terus pada kakinya?
setiap dia garuk-garuk pada kakinya , saya sering taburi obat bubuk casen baby.
tapi tetep aja masih garuk-garuknya? tapi tidak jarang-jarang garuknya , kalo lagi gatal aja garuk-garuk. kalo tidak ya tidak garuk-garuk.
itu kenapa ya? saya bingung dengan kelinci saya? apa kelinci saya terkena penyakit scabies / tidak? dan apa sih obatnya? soalnya saya kasihan melihat kelinci kesayangan saya begitu.
tolong di balas ya.
terima kasih .

Coba dilihat dulu apakah telinga dan pangkal kuku di kaki2-nya normal atau terlihat ada spt kerak berwarna putih. Jika normal maka itu adalah hal yg wajar, spt layaknya anjing dan kucing, kelinci juga terkadang akan menggaruk-garuk bagian badannya. Jika terdapat penebalan spt kerak berwarna putih, maka kelincinya terkena scabies. Dapat disuntik dengan wormectin.

saya punya kelinci tapi yang biasa tapi kena penyakit kudisan lumayan cukup parah malah yang satunya sampai mati....penyakit kudisan selain di sebabkan sama kutu pada kelinci...di sebabkan apa lagi...mungkin karna makanannya....?

Penyebabnya hanya kutu, tp media pengantar kutu tersebut hingga menyerang kelinci macam2, hijauan yg kotor (pakan) jg bisa menjadi media dr kutu kudis ini. Kandang yg kotor jg bisa menjadi media kutu kudis utk berkembang biak.

Kalau buat marmut. Apakah sama cara pengobatannya dengan kelinci?
Makasih


EmoticonEmoticon