Pertumbuhan Anak Kelinci

Pertumbuhan Anak Kelinci - Pada usia kehamilan 29 - 32 hari biasanya induk kelinci sudah melahirkan (biasanya pada malam hari). Anak-anak kelinci dilahirkan dalam keadaan buta, tuli, dan tidak berbulu. Induk kelinci akan menutupi tubuh anak-anaknya dengan bulu dan rumput-rumput kering dalam kotak agar tidak kedinginan.

pertumbuhan anak kelinci

Sebelumnya Tabos Rabbit sudah memposting "Cara Mengawinkan Kelinci" dan "Kehamilan Kelinci", silahkan di-klik untuk menuju artikelnya.

Pada umur 7 hari, bulu-bulu pada tubuh anak kelinci sudah mulai tumbuh dan matanya juga sudah mulai terbuka. Pada usia 10 - 11 hari, anak-anak kelinci sudah dapat melihat dengan baik. Sejak lahir, induk kelinci akan menyusui anaknya sebanyak 2 kali, yaitu pada pagi hari (sekitar subuh) dan sore hari (sekitar maghrib).

pertumbuhan anak-anak kelinci

Pada usia 17 - 18 hari, anak-anak kelinci sudah mulai keluar dari kotak. Mereka akan meloncat-loncat, berlari-lari, dan akan berusaha untuk menyusu kepada induknya. Biasanya saat-saat ini mereka akan mengganggu sang induk kelinci, si induk akan susah untuk makan karena berusaha menghindari anak-anaknya yang memaksa untuk menyusu.

pertumbuhan dari anak kelinci

Pada usia 20 - 21 hari, anak-anak kelinci sudah mulai belajar untuk makan. Mereka akan memperhatikan dan mengikuti induknya. Dan 3 sampai 4 hari kemudian, anak-anak kelinci sudah benar-benar bisa makan seperti induknya, namun masih tetap menyusu kepada induknya.

Anak-anak kelinci dapat disapih dari induknya sekitar usia 8 minggu (56 hari). Namun jika ingin menyapih lebih awal juga bisa, yaitu pada usia 45 hari (karena pada usia 6 minggu/42 hari, biasanya air susu induk kelinci sudah mulai berkurang).

Angka kematian anak-anak kelinci setelah disapih biasanya tinggi, yaitu antara 20 - 30%. Angka prosentase kematian ini dapat meningkat jika kondisi kandang kelinci, sanitasi, dan pakan buruk. Namun angka kematian juga dapat dikurangi jika faktor-faktor pendukung seperti yang saya sebutkan diatas baik.

Cara menyapih anak-anak kelinci. Jika sudah waktunya anak-anak kelinci untuk disapih, maka yang perlu dipindahkan adalah induknya. Sangat baik jika induknya dipindahkan di kandang sebelahnya, jadi si anak masih dapat melihat induknya. Tujuan mengapa induknya yang dipindahkan bukan anak-anaknya, adalah untuk menghindari stress pada anak kelinci yang baru disapih. Hal ini dapat meminimalisir angka kematian anak kelinci.

7 komentar

Sangat bermanfaat. Dua kelinci betina saya melahirkan beberapa minggu yang lalu. Karena kurang info, beberapa anaknya mati. Tapi untuk kedepannya saya sudah tahu harus bagaimana. :)

Saya FAJAR SAYA BARU SAJA MEMILIHARA KELINCI.
Kelinci saya magrib tadi melahirkan 6 ekor , saya lihat anaknya padamati semua dngan luka yg parah. Kepala hilang,kaki hilang bahkan mulut nya bekas gigitan. Saya baru tau kelinci hamil harus banyak mengkomsumsi air supaya anak nya tdk d makan. Apaakah saat hamil saja kelinci d beri minum? Dan jantan nya tdk perlu minum? Dan saya smpat memiliki anakkelinci 4 ekor tapi induknya tdk mau mengasi air susu nya terpaksa saya memberi susu yg seharusnya untuk manusia. Yang 0 tahun. Apakah inisyatif saya itu bisa?

Klinci saya mlahirkan 6 mati 3
Dn skrng sudah berumur 11 hari bulu2nya udh bnyakk

Gan q punya kelinci dia hamil tapi perutnya gak besar2 hampir sebulan sudah?

To : Fajar
Untuk kelinci yang di makan oleh induknya, kedepanya agar tidak di makan oleh induknya lagi, pengalaman saya sebagai penyuka kelinci saya menyiapkan di kandangnya makanan yang cukup buat induknya dan jangan terlalu sering di liat oleh manusia karena kelinci dalam fese habis melahirkan anaknya gampang stres, dan untuk kandangnya sebaiknya di tempatkan di tempat yang terang, jangan lembab, itu masukan dari gw gan semoga dapat bermanfaat buat lu.

Saya punya kelinci selama ini dikurung dkandang. Tidak ada kelinci jantan, tau2 dia melahirkan anak 5 ekor. Bagaimana bs terjadi kelinci bisa melahirkan tanpa proses perkawinan? Apa ada faktor makanan? Mohon infonya


EmoticonEmoticon