Cara Merawat Kelinci Yang Baik dan Benar

Sekarang kita akan berbicara tentang cara merawat kelinci. Kelinci adalah binatang yang mudah beradaptasi, karena itu merawat binatang yang satu ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Selama semua kebutuhan yang diperlukan oleh kelinci kesayangan kita dapat terpenuhi dengan baik, maka kelinci akan hidup dan berkembang dengan baik dan sehat.

cara merawat kelinci

Saat anda memutuskan untuk memelihara ataupun beternak kelinci, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena walaupun kelinci adalah binatang yang mudah beradaptasi, kelinci juga termasuk binatang yang mudah stres. Perawatan kelinci yang baik dan benar meliputi:



Sistem Perkandangan

Kandang adalah hal pertama yang harus anda perhatikan (kecuali anda memelihara kelinci hanya beberapa ekor dan membiarkan mereka hidup bebas tanpa kandang). Kandang yang buruk dan tidak nyaman akan membuat kelinci mudah stres dan terkena penyakit. Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang kandang kelinci yang baik.

Silahkan lihat:

Pakan Kelinci dan Cara Pemberiannya

Selanjutnya yang tidak kalah penting mengenai tips cara merawat kelinci adalah pemberian jenis pakan yang sesuai dan cara pemberian pakan yang benar. Seringkali seorang pemula (newbie) gagal memelihara kelinci karena salah dalam memberikan pakan kepada kelincinya.

Untuk mengetahui pakan yang cocok untuk kelinci, silahkan lihat Aneka Makanan Kelinci. Dan untuk mengetahui cara memberikan pakan yang baik, silahkan lihat Jadwal Pemberian Pakan Kelinci.

Selain itu ada beberapa poin lainnya yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Kebersihan kandang juga hal yang mutlak, jika kandang kotor kelinci akan mudah terkena penyakit.
  • Untuk kelinci berbulu panjang, anda harus rajin menyisirnya agar bulunya tidak "menggimbal". Jika bulu sudah terlanjur gimbal maka anda dapat menyukurnya, kelinci yang rajin dicukur akan mempunyai bulu yang lebih indah.
  • Anda juga boleh memandikan kelinci jika kelinci anda terlihat kotor, namun jangan terlalu sering memandikan kelinci dan gunakan air hangat saat memandikannya.
  • Jika kuku kaki kelinci sudah terlalu panjang, anda juga boleh untuk memotongnya.


5 komentar

emang boleh dimandiin yahh??, aku takut mati

gmn bikin kelinci anteng saat dipotong kukunya?


EmoticonEmoticon