Tentang Makanan Kelinci

Tentang Makanan Kelinci - Kelinci adalah hewan herbivora, karena itu makanan yang paling baik untuk kelinci tentu adalah hijau-hijauan. Di alam liar kelinci tidak pernah memakan satu jenis makanan secara banyak. Kelinci akan memakan berbagai macam tumbuhan mulai dari rumput-rumputan, bunga, hingga akar tanaman. Hal ini dilakukan tidak lain untuk dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya.

makanan kelinci di alam liar
Salah satu jenis kelinci liar di Amerika

Secara umum kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh kelinci untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik adalah  protein, karbohidrat, abu, vitamin (A, B, D, E), hidrat arang, serat kasar dan lemak. Bagi kelinci yang hidup di alam liar, pemenuhan akan kebutuhan pakan ini tentu tidak begitu masalah. Mereka dapat mencari dan mengatur sendiri keseimbangan makanannya dengan memilih macam-macam pakan yang sudah tersedia di alam. 

kelinci liar di australi
Kelinci liar di Australia

Makanan Kelinci Peliharaan

Lalu bagaimana dengan kelinci yang telah di-domestikasi atau kelinci peliharaan? Jenis makanan seperti apa yang baik dan harus diberikan?

Memang sangat susah, bahkan hampir mustahil buat kita untuk dapat memberikan berbagai macam rumput, bunga, dan akar tanaman kepada kelinci-kelinci kesayangan kita. Karena itu, pakan alternatif berupa pellet adalah solusi yang paling tepat. Saat ini sudah tidak sulit lagi untuk mendapatkan pakan kelinci berupa pellet di pasaran. Berbagai merek makanan kelinci sudah beredar luas, dan komposisi nutrisinya juga sudah sesuai dengan kebutuhan kelinci.

Dan bagi anda yang masih merasa kesulitan untuk mendapatkan makanan kelinci yang sudah berbentuk pellet ini, maka pilihan makanan yang dapat anda berikan kepada kelinci-kelinci kesayangan anda adalah hijauan, biji-bijian, hay, umbi-umbian, dan konsentrat.

Untuk penjabaran yang lebih detail, silahkan lihat postingan saya sebelumnya pada Macam-Macam Pakan Kelinci

11 komentar

Apakah Boleh Kelici Diberi Pakan Daun Pepaya Dan Nasi Yang Agak Basi?

Silahkan dibaca saja di postingan Macam-Macam Pakan, sudah di jelaskan makanan apa saja yang baik untuk kelinci.

kalu makanan nya ampas tahu ada gak nutrisi nya buat kelini
atu tidak baik buat kelinn atu lain nya ????

tolong dong pencerahan nya ?

Silahkan baca di "Macam-Macam Pakan", sudah ada penjelasannya.

Mas, kelinci saya gak pernah saya kasi tempat minuman khusus maupun minumannya. Tapi tiap kali saya mau kasi makan, makanannya saya basahi dulu. Apa kira-kira gak papa Mas klo ky gitu trus?
Sekarang kelinci saya punya 7 ekor anak (usia 3 hari), bbrpa waktu setelah melahirkan, anaknya saya pindahin ke dalam rumah karena lokasi kandangnya rawan dari hewan pemangsa dan gak pernah saya satuin dengan induknya lagi. Trus anak-anaknya saya kasi susu formula yang free lactosa. Boleh gak Mas klo kaya gitu?? Bagaimana sebaiknya?? mohon penjelasannya.

Tergantung makanan yang diberikan. Klo diberi pellet sebaiknya biarkan dalam keadaan kering, tp klo diberi pollard yg dicampur dengan beras jagung dll memang sebaiknya disiram dengan air panas hingga mamel sebelum diberikan.
Klo untuk anak2 kelincinya, sebaiknya biarkan saja induknya yg menyusui selama induk masih mau menyusui.

induknya sama skali gak mau mnyusui, Mas. Dan sekarang induknya punya masalah pembengkakan besar di bagian bawah perutnya di semua area puting susu. Warnanya biru kaya abis dpukul. Trus gak bisa makan n gerak sama sekali, Mas. Gimana solusinya? saya khawatir klo tidak segera ditangani, induk kelinci saya bisa mati. terima kasih banyak, Mas, atas penjelasannya.

Masalah ini sudah pernah saya bahas,silahkan baca postingan berikut http://tabosrabbit.blogspot.com/2009/07/young-doe-syndrome.html

Pak hendra wibowo yg terhormat saya mau bertanya.
Induk yg selesai ngelahiri biasanya nunggu brapa hari baru bisa d kawini sama jantan nya? Tks pak hendra wibowo. Please jwb nya. PENTING karena anak nya mati semua ada 6 ekor.

pak hendro..kelinci saya tipe english angora dan berumur 4 bulan. bulunya terlanjur sudah gimbal. sudah ke beberapa pet shop ga ada yang mau ambil resiko cukur bulunya karena sdh banyak kejadian setelah cukur bulu yg gimbal ada yg sampe terkena kulitnya dan akhirnya mati. mohon pencerahan ..tks

Dicukur aja sendiri sedikit2, saya rasa tdk terlalu masalah. Baru kali ini saya denger cukur bulu kelinci hanya kena kulit bisa sampai mati kelincinya. Saya rasa petshop-nya yang malas atau memang tidak pernah menangani kelinci.


EmoticonEmoticon