Tentang Kelinci Anggora Inggris

Tentang Kelinci Anggora Inggris - Seperti yang telah dijelaskan pada artikel awal tentang kelici anggora, anggora inggris adalah jenis terkecil dari keturunan anggora yang diakui oleh ARBA (organisasi peternak kelinci amerika). Banyak orang awam yang salah mengira kelinci ini sebagai anjing ataupun kucing karena penampilan fisiknya. Bulunya yang panjang dan halus juga membuat orang-orang merasa gemas dan ingin membelainya. Awalnya, kelinci anggora inggris banyak dikembangkan sebagai penghasil woll yang berkualitas tinggi. Namun sekarang kelinci ini lebih banyak dikembangkan sebagai fancy (binatang kesayangan).

sejarah kelinci anggora inggris

Sedikit Sejarah Kelinci Anggora Inggris

Selama bertahun-tahun anggora inggris dan anggora perancis dianggap sebagai ras yang sama. Orang amerika menamakan mereka dengan 'Woolers Angora'. Namun melalui proses breeding yang ketat selama bertahun-tahun, akhirnya pada tahun 1944 kedua jenis kelinci ini dipisahkan berdasarkan ciri-ciri fisik yang semakin terlihat berbeda. Tapi ternyata masih banyak peternak yang sulit untuk membedakan kedua jenis kelinci ini.

Dibutuhkan hampir sekitar 40 tahun proses breeding yang sangat ketat untuk akhirnya dapat membuat kelinci anggora inggris benar-benar terlihat berbeda dengan anggora perancis. Pada tahun 1980, standar baru untuk kelinci anggora inggris ditetapkan. Perbedaan yang mudah terlihat dan sangat mencolok adalah dari kualitas bulunya. Kelinci anggora inggris memiliki bulu woll yang penuh pada bagian wajah, daun telinga, hingga kaki-kakinya.

Standar Kelinci Anggora Inggris

standar kelinci anggora inggris
Diantara semua jenis kelinci anggora, anggora inggris adalah yang terkecil dengan bobot standar yang diakui antara 2,3kg - 3,4kg, dan bobot ideal sekitar 2,8kg. Untuk warna, kelinci ini dipisahkan menjadi 2 varietas yaitu putih dan berwarna. Walaupun awalnya hanya warna penuh (1 warna) yang diakui, namun saat ini warna broken dan warna pelangi (2-3 warna) juga sudah mulai diakui dan banyak diminati, khususnya di kalangan penghobi.

Keterangan Umum Mengenai Anggora Inggris

Kelinci anggora inggris umumnya mempunyai sifat sangat jinak dan tenang, ini karena kelinci ini telah melewati proses breeding selama puluhan tahun. Cara merawat kelinci anggora inggris juga tidak jauh berbeda dengan jenis kelinci lainnya. Tapi karena letak keistimewaan kelinci ini pada bulunya, maka dibutuhkan kandang yang agak besar. Lantai kandang juga sebaiknya menggunakan kawat (galvanis) untuk menjaga bulu-bulu pada kaki agar tidak mudah kotor. Selain itu, kelinci ini juga perlu untuk sering disisir agar bulu-bulunya tidak mudah menggumpal (menjadi gimbal).

Secara umum, usia rata-rata kelinci anggora inggris adalah antara 6 hingga 8 tahun. Tapi beberapa breeder di luar negeri mengaku mempunyai kelinci anggora inggris yang dapat hidup hingga 10 tahun, bahkan ada yang mengatakan jika salah satu kelinci anggora inggrisnya bertahan hidup hingga 17 tahun.

1 komentar:

Budidaya kelinci sangat menarik yah,,??

Sanagat membantu orang yang mencari pengetahuan..terima kasih share Nya...

My Blog


EmoticonEmoticon