Mengenal Jenis Kelinci Tan: Sang Aristocrat of The Fancy

Kelinci Tan yang dijuluki sebagai Aristrocat of The Fancy ini adalah termasuk jenis kelinci kecil. Menurut catatan, kelinci ini berasal dari Inggris. Dikenal sejak abad ke 19, yaitu tepatnya mulai th.1887 di Derbyshire.

jenis kelinci tan

Awalnya jenis kelinci Tan ini hanya berwarna hitam, namun setelah berkali-kali proses persilangan yang sangat rumit, akhirnya para breeder berhasil mendapatkan variasi warna lain yaitu coklat, biru, dan lilac (ungu kemerah-merahan).

Kelinci ini mudah dikenali dari pola warna di tubuhnya yang sangat unik dan merupakan ciri khasnya. Hal itulah juga yang menyebabkan kelinci tan mendapatkan julukan sebagai kelinci bangsawan atau "aristocrat of the fancy".



Pola Warna Pada Kelinci Tan

Pola warna dari kelinci Tan adalah, warna emas gelap atau coklat kemerah-merahan di sekitar mata, leher, telinga, dagu, dada hingga kebagian bawah perut, ekor bagian dalam, dan kaki bagian dalam. Selanjutnya untuk bagian tubuh sisanya dapat berwarna hitam, coklat, biru, atau lilac.

kelinci tan yang ada di indonesia

Tan termasuk jenis kelinci yang sangat jinak dan juga sangat produktif. Induk kelinci Tan biasanya selalu menghasilkan anak yang banyak di setiap kelahiran, dan sangat pandai merawat anak-anaknya. Berat standar dari jenis kelinci Tan adalah antara 2 kg - 3 kg.



EmoticonEmoticon