Mengenal Kelinci Lionhead Lebih Dekat

Kelinci Lionhead – Pernahkah anda ke pasar hewan dan melihat kelinci dengan bulu yang lebat hanya di sekitar muka dan tengkuknya saja? Ya, itu adalah jenis kelinci lionhead... atau setidaknya itulah yang dikatakan oleh si penjualnya. Memang di Indonesia gampang sekali kita menemukan jenis kelinci lion ini (atau "katanya" kelinci lion).

kelinci lion double gen mane
Lionhead (double gen mane)

Para peternak di beberapa sentra pertenakan kelinci mengatakan bahwa jenis kelinci ini merupakan hasil persilangan dari kelinci Anggora dengan kelinci berbulu pendek (bisa jenis apa saja). Dan dalam sebuah buku tentang peternakan kelinci dikatakan kalau kelinci Lionhead ini merupakan kelinci Anggora yang "tidak jadi".

Benarkah pendapat-pendapat tersebut?



Sejarah Yang Benar Tentang Kelinci Lion

Mungkin kedua teori tadi adalah yang paling banyak diyakini oleh kalangan peternak kelinci di Indonesia.

Namun sebenarnya asal-usul kelinci Lionhead ini berawal dari Belgia pada th.1900-an. Ada teori yang mengatakan bahwa kelinci ini adalah hasil persilangan dari jenis kelinci Swiss Fox dengan kelinci Belgian Dwarf, dan selanjutnya disilangkan lagi dengan jenis kelinci Jersey Wooly.

kelinci jenis swiss fox
Swiss Fox

Teori yang lain mengatakan bahwa kelinci jenis ini tidak ada hubungannya dengan persilangan, melainkan murni dari hasil mutasi gen dari kelinci jenis Dwarf Anggora / Jersey Wooly.

Ciri-Ciri Standar Kelinci Lionhead

  • Kepala tebal dengan muka sedikit pesek dan leher tidak boleh terlihat.
  • Telinga agak pendek ( tidak boleh melewati 3,5 inch) dan berdiri tegak.
  • Panjang kaki dan tulang medium sesuai dengan tubuh.
  • Bulu lebat dan halus yang tumbuh memanjang memutari telinga hingga ke bawah dagu.
  • Berat tubuh untuk yang dewasa tidak lebih dari 1,8 kg, idealnya adalah 1,75 kg.

Jadi cobalah anda cocokan kelinci lion anda dengan ciri-ciri yang saya sebutkan diatas. Apa sudah sesuai? Atau... ternyata anda telah membeli kelinci yang "katanya" lionhead oleh si penjual.

FYI: Saat ini kelinci jenis Lionhead dari galur murni (pure breed) telah masuk dan berkembang di Indonesia. Bagi anda para penghobi yang memang ingin memilikinya, sebaiknya cari langsung ke peternak yang telah memiliki reputasi.

Lionhead murni tidak dijual di pasar-pasar hewan atau pinggir-pinggir jalan.



EmoticonEmoticon