Mengenal Kelinci Blanc de Hotot

jenis kelinci blanc de hotot

Kelinci Blanc de Hotot berasal dari Perancis, dan merupakan "mbah-nya" dari semua jenis kelinci Hotot yang ada saat ini.

Jenis kelinci ini dikembangkan oleh seorang peternak besar Flemish Giant dan Checkered Giant bernama Madame Eugenie Bernhardt sekitar th.1902. Dia adalah satu dari sangat sedikit wanita pada masa itu yang berhasil menghasilkan jenis kelinci baru.


Sejarah Kelinci Hotot

Tujuan kelinci ini dikembangkan adalah untuk multi-fungsi, yaitu untuk kualitas daging, fur, dan kontes. Awalnya Madame Bernhardt mencoba menyilangkan Papillions dengan berbagai kelinci warna putih yang ada pada masa itu antara lain White Vienna dan White Flemish Giant. Namun hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang dia harapkan.

Setelah mendapatkan saran dari Jeanne J. Lemarie (yang mengembangkan jenis kelinci Himalayan Besar) akhirnya Madame Bernhardt bereksperimen hanya dengan menggunakan kelinci jenis Giant Papillion Francais. Melalui proses seleksi yang sangat ketat dan waktu bertahun-tahun, akhirnya munculah kelinci cantik yang kita kenal dengan sebutan Blanc de Hotot ini.

Standarisasi Kelinci Blanc de Hotot

Kelinci Hotot ini pertama kali dipertontonkan pada th.1920 pada pameran Exposition Internationale d'Aviculture di Paris. Standar yang ditetapkan oleh Madame Bernhardt akhirnya mendapatkan pengakuan dari Komisi Standarisasi Perancis pada 13 Oktober 1922.

Pada th.1927, jenis kelinci Hotot ini diimpor oleh beberapa peternak di Swis dan menjadi sangat populer disana. Kemudian pada th.1930 kelinci ini dibawa ke Jerman dan diternakkan secara besar-besaran sebagai penghasil daging.

Dilain pihak, tepatnya di Belanda. Seorang peternak bernama L. Hamaker de Haarlem mencoba membuat ulang jenis kelinci ini dengan menyilangkan jenis kelinci Lorrains dan Charlie English Spot.

Hal itu dipublikasikan pada 31 Mei 1955, yang telah dikonfirmasikan menggunakan cara yang sama dengan apa yang dilakukan oleh Madame Bernhardt. Selanjutnya kelinci tersebut menyebar hingga kemana-mana termasuk negara tecinta kita Indonesia.


EmoticonEmoticon