Penyakit Young Doe Syndrome Pada Kelinci

Musim panas adalah waktu terbaik bagi kelinci untuk bereproduksi. Dan berbicara mengenai reproduksi kelinci, ada 1 penyakit kelinci yang musti diwaspadai oleh para pennghobi dan peternak kelinci. Nama penyakit ini adalah Young Doe Syndrome.

penyakit young doe syndrome

Penyakit ini biasanya menyerang induk kelinci yang sedang menyusui pada kelahiran pertama dan kedua. Penyebab penyakit ini adalah kuman bernama Stapphylorus Aureus yang menyebabkan bengkaknya kelenjar susu.

Kuman tersebut masuk melalui luka yang terdapat pada puting susu induk kelinci. Akibatnya, induk kelinci akan mengalami Mastitis, dengan ciri-ciri suhu badannya menjadi panas dan nafsu makan jauh berkurang.



Puting susu yang keras dan bengkak membuat induk kelinci tidak mau menyusui anak-anaknya, sehingga anda harus mencari susu pengganti untuk anak kelinci jika tidak ingin anak-anak kelinci tersebut mati.

Penyebab lain penyakit Young Doe Syndrome ini bisa juga karena pakan kelinci yang diberikan terlalu banyak mengandung biji-bijian, sehingga induk kelinci mengalami Enteritis yang kemudian berkembang menjadi Mastitis.

Cara Mengatasi Penyakit Young Doe Syndrome

  • Induk segera diisolasi di kandang terpisah.
  • Induk disuntik dengan Penicillin, Dexatozoon, Sulmethonl, Sulfa Strong, atau Oxylin.
  • Perbanyak pakan hijauan, kurangi konsentrat.
  • Anak kelinci yang tidak disusui dapat diberikan Rabbit Milk, Susu Kambing Etawa, atau susu bayi umur 0 - 6 bulan.
  • Kandang segera dibersihkan dan disemprot dengan disinfektan.



EmoticonEmoticon