Bahaya Musim Hujan Untuk Kelinci

Bahaya Musim Hujan Untuk Kelinci - Musim hujan datang lagi, musim yang ditakuti banyak peternak kelinci. Kenapa saya mengatakan ini? Karena di musim inilah biasanya banyak kelinci yang mengalami kematian, baik itu untuk kelinci yang sudah besar khususnya bagi kelinci yang masih berumur 2 bulan kebawah.

waspadai musim hujan bagi kelinci

Sebenarnya penyebabnya diketahui cukup beragam, namun kebanyakan disebabkan oleh kembung dan mencret. Hujan yang lebat serta angin yang kencang sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan kelinci. Secara umum penyakitnya disebut dengan Enteritis Kompleks.

Gejala dan Pengobatan Kembung Pada Kelinci

Gejala dari penyakit ini adalah kelinci terlihat malas, kalau berdiri selalu membungkuk, perut kembung, nafsu makan turun, mata terlihat sayu, kotorannya encer (berbau tidak sedap) serta lendir menggantung di dubur, dan sering kita lihat atau dengar kelinci mengkerotkan giginya karena menahan sakit. Hal ini tentu berbahaya jika dibiarkan, karena akan menyebabkan kematian pada kelinci.

Cara penanggulangannya adalah dengan memberikan antibiotik yang dicampurkan di air minum atau makanannya, memperbanyak serat kasar, dan dapat pula ditambah dengan suntikan vitamin B12 atau Bkomplek ( 0,5ml/kg berat badan kelinci ). Namun ada yang lebih penting dari itu semua, yaitu menjaga kebersihan kandang.

Udara yang basah dan lembab akibat musim hujan adalah faktor yang mempercepat kuman-kuman untuk berkembang biak.

Jadi pastikan kandang anda selalu terjaga kebersihannya, karena ini merupakan salah satu kunci agar kelinci anda terbebas dari segala penyakit yang biasanya akan menyerang saat musim hujan. Semoga informasi mengenai penyakit kelinci diatas cukup bermanfaat bagi anda!

7 komentar

sebelumnya salam kenal,
nama saya iyas, ada yg mao saya tanyakan seputar penyakit kelinci ni..., sudah 3 hari klinci saya mencret trus saya kasih diapet agak mendingan trus kotorannya kembali normal tp cm berlangsung malam hari normalnya, pas pagi pasti mencret lagi dan begitu selama 3 hari ini, saya bingung knp ya... makanan cuma saya kasih pelet tanpa sayuran, jenisnya lion usia kira2 6 bulan....,
mohon bantuannya dari mas yg sudah berpengalaman
thnks

Salam mas Iyas,
Sebenarnya apa yang dilakukan sudah tepat, coba selama sehari semalam ganti pakannya dengan hay trus jangan dikasi air minum dulu. Kalo perlu kelincinya juga bisa disuntik dengan vit. B12.
Semoga membantu

mas Hendra, ini saya lagi, hari ini kelinci saya pub sama kencingnya dikit sekali,dan saya liat pantatnya sudah tidak basah lg, cuma dia sekarang tidak mao makan pelet mas, saya disini sulit cari rumput untuk hay ada alternatif lain gak ?
kmrn pas dia lemes banget saya cekokin tetraciclyn soalnya mencretnya banyak sekali, udah banyak obat yg masuk ke dalamnya, terakhir pas siang ini gak mao makan saya kasih curcuma plus dia suka sekali jadi gak perlu dicekokin tapi ya itu blum mao makan juga, saya jadi bingung mao gimana lagi, oh ya klo kelinci hamil itu ciri2nya apa ya mas ?
makasih sebelumnya sorri klo banyak pertanyaan,
iyas...

Ditunggu aja mas sampai besok, mudah2an sudah mau makan, kasi rumput lapangan gak apa2 asal dilayukan dulu. Kelinci kalo hamil biasanya nafsu makannya bertambah jadi badannya terlihat semakin gemuk, terus perutnya membesar tapi ini baru terlihat jelas setelah kira2 3 minggu masa kehamilan.

Mas Hendra alhamdulillah kelincinya uda sehat makasih atas masukannya, Mas saya msh ada pertanyaan lg, kelinci boleh gak di kasih makan daun pisang setiap hari, karena kelinci saya suka sekali daun pisang..., maksih sebelumnya

Gak apa2 mas, daun pisang juga baik untuk kelinci asal dilayukan dulu sebelumnya. Tapi kalo bisa sekali2 dicampur juga dengan jenis hijauan yang lain, ini supaya kebutuhan vitamin/serat/zat2 lain bagi kelinci tercukupi semua.

beli vit b12 yang bisa disuntik dimana ya mas?


EmoticonEmoticon