Cara Pemberian Pakan Kelinci

Cara Pemberian Pakan Kelinci - Dalam posting sebelumnya yang berjudul "Macam-Macam Pakan Kelinci", saya sudah menjelaskan jenis-jenis makanan yang dapat anda berikan untuk kelinci kesayangan anda. Disitu saya juga sudah menjelaskan sedikit mengenai keunggulan dan kelemahan dari masing-masing makanan tersebut. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara memberikan makanan untuk kelinci-kelinci kesayangan anda tersebut (ini berdasarakan cara yang saya gunakan di Tabos Rabbit).

pemberian pakan kelinci

Perlu diketahui bahwa di alam liar kelinci makan dan tidur sepanjang waktu, jadi tidak ada waktu-waktu tertentu untuk dia mencari makan (sebenarnya kebanyakan lebih aktif mencari makan pada malam hari).

Bagi kelinci peliharaan, tentu saja hal ini tidak mungkin. Semuanya tergantung kepada kita sebagai pemelihara, baik tidaknya cara pemberian pakan yang kita terapkan akan sangat mempengaruhi kesehatan dari kelinci kesayangan kita. Berdasarkan pengalaman saya dan dari beberapa sumber, pemberian pakan secara terjadwal adalah lebih baik ketimbang pemberian pakan yang sekaligus banyak dalam satu waktu. Dan sistem yang saya gunakan di Tabos Rabbit adalah sebagai berikut :

Pola Pemberian Pakan Kelinci

  • Pagi sekitar jam 9, adalah pemberian pakan pertama berupa pelet dan air minum. (lihat nipple minum kelinci)
  • Sore sekitar jam setengah 5, adalah pemberian pakan kedua yang masih berupa pelet dan menambahkan air pada botol-botol minuman yang sudah kosong. Biasanya pada saat ini saya / penjaga kandang akan sekaligus memeriksa kondisi dari masing-masing kelinci, kalau-kalau ada yang menunjukkan gejala sakit.
  • Malam sekitar jam 8, adalah pemberian pakan ketiga berupa hijauan yang volumenya agak banyak. Hal ini saya sengaja, karena kelinci biasanya lebih aktif untuk makan di malam hari ketimbang siang hari.
Pola cara pemberian pakan seperti yang saya lakukan di atas tidaklah baku. Anda dapat merubah jam-jam pemberian pakan dan jenis pakannya. Namun satu yang harus sama adalah, berikanlah makan kepada kelinci-kelinci kesayangan anda secara teratur. Ini sangat penting jika anda menginginkan kelinci-kelinci kesayangan anda dapat tumbuh secara maksimal dan terjaga kesehatannya.

8 komentar

gan.. kalo boleh nanya.. gmana caranya yah,.. supaya si kelinci mau minum di botol itu... apa dilatih dlu... atau gimana..???

Memang perlu adaptasi klo memang belum pernah, tp biasanya gak sampe sehari kelinci sudah mengerti.

Kalo kelincinya seharian dikasih makan yg sama misalnya wortel terus kira2 bagus gak ya buat kesehatanya? Trus buat umur kelinci yg baru 4 bulan bagusnya buat perkembanganya? Saya baru mau mencoba melihara kelinci soalnya :) masih butuh banyak info buat merawatnya,thanks sblmnya

kalau dikasih rumput kering terus boleh apa nggak gan?

Boleh, asal pakan penguat (pellet) dan air minum juga tetap tersedia.

Kelinci saya tiap hari mkn pelet merk britter bunny, dulu2 pupnya bgs, tapi kok skrg sering lembek dan bau. Apa sebaiknya pelet diganti ato dihentikan dulu? Kelinci saya sudah agak tua, usia 4 thn. Mohon infonya ya...mksh.

Gak perlu diganti pelletnya jika memang sudah terbiasa dengan merk tsb. Coba diperbanyak konsumsi hay-nya, mungkin bisa membantu memulihkan pencernaannya.

Mas aku baru beli kelinci kecil tp ga tau umur berapa, aku kasih selada boleh kan? Trus aku ga berani kasih minum kata abang yg jual jgn dikasih minum? Gmn mas aku jd bingung..


EmoticonEmoticon