Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Kelinci

Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Kelinci - Beternak kelinci itu banyak manfaat atau keuntungannya. Selain mendapatkan uang dari menjual kelinci itu sendiri, anda juga dapat meghasilkan uang tambahan dari hasil sampingannya, yaitu limbah kotoran kelinci. Limbah kelinci yang berupa kotoran dan urine (air kencing) sangat baik untuk digunakan sebagai pupuk organik, terutama bagi sayuran, tanaman buah, dan bunga. Secara sederhana anda dapat membuat sendiri pupuk organik dari kotoran kelinci tersebut.

cara membuat pupuk dari kotoran kelinci

Cara Membuat Pupuk Dari Kencing Kelinci

  • Pupuk Cair
Caranya : * Siapkan 25 liter urine, 25 ml EM-4, dan 25 ml molase. Kemudian semua bahan-bahan tadi dicampur dan dimasukan kedalam wadah yang tertutup rapat selama satu minggu. Setelah satu minggu pupuk organik cair sudah siap untuk digunakan. Cara pakainya adalah 1 liter pupuk dicampur dengan 10 liter air sebelum disiram ke tanaman.

Cara Membuat Pupuk Dari Kotoran Kelinci

  • Pupuk Padat
Caranya : * Campurkan kotoran kelinci, bahan organik (daun-daunan atau rumput-rumputan kering), dan dedak/arang/tepung ikan (Bahan 1). Perbandingan ketiga bahan tadi adalah 60% : 30% : 10%. Siapkan larutan (Bahan 2) dengan mencampur 1 liter EM-4, 1 liter molase, dan 60 liter air tanah. Selanjutnya bahan 1 tadi disiram dengan bahan 2 dan diaduk-aduk hingga rata (kadar air dari adonan cukup 30% -40% saja). Tutup adonan tadi dengan plastik selama satu minggu. Setelah satu minggu maka pupuk sudah siap digunakan.

Untuk diketahui, bahwa pupuk cair maupun padat hasil dari olahan kotoran kelinci termasuk salah satu jenis pupuk yang berkualitas. Harga untuk sebotol pupuk cair ukuran 1 liter adalah sekitar Rp.7000,- hingga Rp.10.000,-. Dan untuk pupuk padatnya sekitar Rp.7000,-/sak.

Lumayan bukan? Bahkan menurut saya pribadi ini lebih dari lumayan, karena pendapatan dari hasil sampingan ini tidak terlalu jauh dari pendapatan utama yaitu si kelinci itu sendiri. Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk mulai beternak kelinci?

7 komentar

emang gk ada yg kebuang ya mas ternak kelinci itu..thx ya infonya..!
o ia, aturan pakai pupuknya gimana to mas???

Aturan pakai spt apa? Mohon lebih jelas lagi pertanyaannya.

Mas kelinci saya dlam waktu 3 hari dapat menghasilkan kotoran sebanyak 2 kiloan lah, padahal cuma punya 2 kelinci doang...infonya sangat bermanfaat banget neh buat saya...
mas kalo bahan pertamanya cuma kotoran kelinci doang dan dicampur dengan EM4 gimana mas, bisa jadi pupuk ga? atau EM4+daun2an+dedak+kotoran kelinci+kencing kelinci bisa ga jadi pupuk?kalo pembuatan pupuk cair dan padat tanpa molase bisa ga?terima kasih sebelumnya.
kalo berkenan bisa kirim jawabannya ke email saya mas di yarsa_20980@yahoo.com

gan gmn y cara membuat molase? atau molase ny udah ad jual di pasaran?

Iya, molase dapat dicari di toko2 pakan ternak.

Kl nggak ada.molase bisa di ganti pakai gula sama aja hasilnya


EmoticonEmoticon