Alternatif Pengganti Pelet Kelinci

Alternatif Pengganti Pelet Kelinci - Sebenarnya pelet khusus kelinci saat ini sudah mudah didapatkan, baik itu yang produksi asli anak bangsa maupun produksi luar negeri. Harganya juga bermacam-macam tergantung dari kualitas kandungan bahan-bahan pembuat pelet tersebut, antara Rp. 7.000,- hingga Rp. 25.000,- per kilogram. Bagi para penghobi yang koleksi kelincinya hanya 1 hingga 3 ekor tentu harga pelet segini tidak terlalu jadi persoalan. Namun buat yang mempunyai koleksi 5 hingga puluhan atau ratusan ekor, tentu perlu memikirkan alternatif lain kalau tidak ingin mengeluarkan biaya besar setiap bulannya.

polard alternatif pelet kelinci

Dalam postingan terdahulu saya sudah menjelaskan jenis-jenis pelet alternatif yang dapat diberikan kepada kelinci. Tapi ternyata itu belum cukup menjelaskan, karena banyak para penghobi yang mengirim sms atau e-mail kepada saya. Mereka menanyakan bagaimana cara memberikannya kepada kelinci-kelinci kesayangan mereka. Mudah-mudahan postingan ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman atau para pencinta kelinci yang lain.

Di Tabos Rabbit saya biasanya hanya menggunakan campuran PAP dan Polar (Pollard) sebagai alternatif pelet yang saya berikan kepada kelinci-kelinci di peternakan kecil saya (sebelum saya mulai membuat pakan kelinci sendiri). PAP adalah pelet buatan pabrik yang biasanya diberikan kepada anak sapi. Sangat bagus karena mengandung biji-bijian yang mempunyai protein tinggi. Sedangkan Polar adalah dedak gandum halus. Kedua bahan tersebut sangat mudah didapatkan di toko pertanian atau peternakan, dan yang jelas harganya lebih murah ketimbang pelet-pelet khusus kelinci yang sudah jadi. Perbandingan yang pas (berdasarkan uji coba dan pengamatan di Tabos Rabbit) untuk mencampurkan kedua bahan tersebut adalah 1 ( PAP ) : 3 ( Polar ).

Cara Mencampur PAP dan Pollard

  • PAP disiram dengan air panas ( jangan terlalu banyak, cukup hingga mengembang saja ).
  • Kemudian masukan Polar sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk hingga rata.
  • Campuran siap diberikan kepada kelinci-kelinci kesayangan anda.
Sebagai tambahan, untuk kelinci-kelinci ras besar anda dapat mencampurkan Gemuk A (untuk merangsang pertumbuhan) dengan PAP. Perbandingannya 1 : 1. Kemudian campuran ini dicampur dengan Polar dengan perbandingan dan cara yang sama seperti diatas. Selamat mencoba menggunakan alternatif pengganti pelet kelinci ini!

10 komentar

mau nanya boss. PAP tu apa dan Polar tu apa.. saya baru merintis peternakan kelinci.. bingung ngasi makan nya tiap hari.. kalo pake peletkan gampang...trims

@Mas Thew: Sudah saya jelaskan pada postingan di atas mas, toko2 pertanian pasti paham. PAP itu nama merk yg dikeluarkan oleh Comfeed, klo polard (dedak gandum) boleh yang merk apa saja.

Berapa gram per kelinci dan berapa kali sehari pemberian pakan ini.terima kasih mas.

@Pak Abu: pemberian pakan disesuaikan tergantung besar kelinci, yang jelas makanan tidak boleh sisa lebih dari 6 jam ( basi ). untuk pelet boleh diberikan 2 kali sehari. usahakan kelinci tetap mendapat pakan alami 1x sehari (malam) walaupun sedikit.

makasih boss infonya, ini tambah pengetahuan

gemuk A itu apa mas?

Gemuk A itu pakan sapi dewasa, masih keluaran dr pabrik yg sama dengan PAP.

dapatkah bila saya membuat pelet sendiri dgn bahan baku; polar,dedak/katul,tepung jagung dengan cara dicampur merata kmd dikukus...stlah itu digiling dg alat penggiling daging..kira@ takarannya msg2 bahan brp saja...yg dpt memnuhi kebutuhan kesehatan kelinci,trima kasih sblumnya.

@Edy Ahmad: kebutuhan gizi seimbang buat kelinci dan takaran yang pas dari bahan2 yg ada tercantum lengkap dalam Panduan Materi B. Silahkan klik link pada posting diatas.


EmoticonEmoticon