Pneumonia Pada Kelinci

Pneumonia Pada Kelinci - Penyakit ini juga biasa dikenal dengan nama radang paru. Sesuai dengan namanya, maka penyakit kelinci yang satu ini menyerang paru-paru kelinci. Penyebab penyakit ini adalah sejenis kuman yang bernama Pasteurella Multocida. Penyakit radang paru pada kelinci sangat susah untuk disembuhkan, dan menjadi salah satu penyebab kematian kelinci, kecuali jika kelinci segera diobati saat gejala masih dalam tahap permulaan.

Penyebab Pneumonia Pada Kelinci

Perubahan cuaca yang ekstrim, kelinci terkena angin langsung, udara kandang yang lembab, dan pakan yang kurang bergizi dipercaya sebagai penyebab utama kelinci terserang penyakit ini.

kelinci yang terserang radang paru

Gejala dan Pengobatan Radang Paru Pada Kelinci

Gejalanya :
Kelinci kurang nafsu makan, selalu merasa haus, napas sesak sehingga kelinci sering mengangkat kepala tinggi-tinggi, hidung keluar nanah, suhu badan dingin, mata dan telinga kelinci berwarna kebiru-biruan, kotorannya encer/mencret yang terkadang disertai nanah.

Pengobatannya :
Jika gejala awal sudah terlihat sebaiknya kelinci harus segera diobati. Caranya yaitu dengan menyuntikan Oxylin 0,1 - 0,2 ml/kg berat kelinci, Penicillin 10.000 unit/5 -6 kg berat kelinci, atau Sulfa Strong 0,5 - 5 ml/kg berat kelinci.

Musim pancaroba adalah saat dimana anda harus LEBIH memperhatikan kesehatan kelinci-kelinci kesayangan anda! Lebih baik mencegah daripada mengobati, karena radang paru ini sangat susah untuk disembuhkan.

3 komentar

Salam,
saudara Hendra, saya sudah mengimport 100 ekor arnab dari Bandung sebulan yang lepas.
Saya merasakan kebanyakan arnab saya menghidap Pneumonia selepas membaca posting dari saudara.
Untuk tindakan dari Oxylin dan Sulfa Strong saya agak faham dan mengerti.
Cuma Penicillin saya tidak pasti apakah unit yang di maksudkan dengan 10.000/5-6kg berat kelinci, 10.000 itu dimaksudkan dengan kuantiti apa ya?
Diharap dapat membantu...
www.arnabkiut.blogspot.com


EmoticonEmoticon