Susahnya Mencari Ras Kelinci Yang Murni

Susahnya Mencari Ras Kelinci Yang Murni - Sebagian besar kelinci yang beredar di Indonesia sudah tidak murni lagi ras-nya? Apa benar demikian? Pertanyaan seperti ini pernah saya dapatkan dari beberapa pengunjung blog saya ini. Dan jawaban saya adalah iya. Memang sebagian besar ras-ras kelinci yang beredar di Indonesia sudah tidak murni lagi. Ingat! Sebagian besar, bukan sebagian kecil. Saya bukan provokator lho! Mengapa saya berani mengatakan ini, tentu karena saya punya dasar.

Coba anda bandingkan foto dibawah ini :
 jenis fuzzy lop versi Indonesia
Fuzzy Lop yang kebanyakan beredar di Indonesia

jenis kelinci american fuzzy lopAmerican Fuzzy Lop

Mungkin sekilas tidak terlalu terlihat perbedaanya, apalagi ini hanya gambar yang tidak bisa dibandingkan secara langsung. Namun coba perhatikan lebih seksama bagian jidat dan bokongnya. Terlihat kan perbedaanya? Gambar yang pertama menurut saya adalah hasil persilangan tanpa standar dari jenis kelinci Lop dengan kelinci Anggora, ini terlihat dari bentuk kepala dan badannya yang lebih mirip anggora. Walaupun telinganya juga jatuh, namun tidak selebar dan setebal pada gambar kedua bukan?

Terus yang paling gampang untuk membuktikan perkataan saya lagi, coba anda cari kelinci jenis Flemish Giant yang beratnya diatas 6 kg (beneran ditimbang lho ya, bukan hanya katanya penjual). Susahnya minta ampun bukan? Padahal salah satu ciri khas kelinci Flemish Giant ya karena bobotnya itu. Dibawah ini saya melampirkan hasil dari penelitian Balitnak Bogor yang membandingkan kelinci-kelinci dari Magelang (sentra peternakan kelinci di Jawa Tengah) dengan kelinci-kelinci dari Balitnak sendiri.

Hasil Penelitian Dari Kemurnian Ras Kelinci

BRAHMANTIYO, B., H. MARTOJO, S.S. MANSJOER dan Y.C. RAHARJO, 2006. Pendugaan jarak genetik kelinci melalui analisis morfometrik. JITV 11(3): 206-214.
Penelitian mengenai konformasi tubuh kelinci English Spot (ES), Flemish Giant (FG), New Zealand White (NZWm) dan Rex (Rexm) asal Magelang, Jawa Tengah dan New Zealand White (NZWb), Rex (Rexb), Satin dan RS asal Balitnak-Ciawi dilakukan untuk mengetahui dan menduga jarak genetik mahalanobis di antara rumpun kelinci. Penelitian ini dilakukan di Magelang (Jawa Tengah) dan Balitnak-Ciawi (Jawa Barat) menggunakan 237 ekor kelinci. Pengambilan data dilakukan pada kepala (panjang dan lebar), telinga (panjang dan lebar), dada (lingkar, dalam dan lebar), panjang tulang humerus, panjang tulang radius-ulna, panjangtulang tibia dan panjang badan. Kelinci ES, FG dan NZWm secara umum memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan bangsa kelinci lainnya. Jarak genetik mahalanobis antara kelinci NZWm dan NZWb, dan kelinci Rexm dan Rexb cukup jauh, berturut-turut sebesar 5,89139 dan 6,75571. Kelinci yang berasal dari Magelang dan dari Balitnak memiliki ukuran tubuh yang berbeda dengan jarak genetik mahalanobis berkisar dari 4,89426 sampai 6,96749. Hasil analisis kanonik memperlihatkan bahwa peubah pembeda ukuran tubuh kelinci adalah lingkar dada, lebar dada dan panjang tulang humerus pada kanonik pertama dan panjang kepala pada kanonik kedua
.

Walaupun penelitian ini hanya menggunakan jenis English Spot, NZ White, Flemish Giant, dan Rex, tapi saya rasa cukup untuk menggambarkan kondisi jenis-jenis kelinci yang lain.

Jadi saran saya, jika anda memang benar-benar penghobi kelinci, coba cocokkan dulu ciri-ciri kelinci yang sudah disampaikan dalam blog ini dengan kelinci yang akan anda beli. Kalau ternyata ciri-cirinya ada yang berbeda namun anda tetap ingin membelinya, janganlah membelinya dengan harga yang sangat tinggi. Semoga bermanfaat!

26 komentar

Ini Rendro. Makanya saya pesan FG milik Anda Yang seharga 375 rb usia 2 bulan. Saya ingin membuktikan bahwa FG yang benar-benar asli itu seperti apa. Saya tunggu kabar selanjutnya. Terima kasih.

Mas Hendra,
Selain mas hendra yang bisa menyediakan kelinci dengan ras murni, di mana lagi ya, saya bisa mendapatkan peternak seperti mas hendra, mungkin mas hendra punya rekomendasinya. Saya berdomisili di bogor...
thanks

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Mas punya Holland Lop yg pure ga?
klo ada brp harganya? dan klo ga ngerepotin bisa ga kirimin fotonya ke email saya iab_theone@yahoo.com? lokasi saya di Jakarta

Thanks

Buat Mas Rendro, maaf banget ya kelinci FG yang saya siapkan buat Mas Rendro terserang penyakit pencernaan semua. Dua minggu terakhir ini cuaca di Batu luar biasa buruk, hujan angin terus. Hanya dua ekor yang bertahan hidup, tapi itu tidak akan saya jual mas, karena kelinci yang pernah sakit pada saat kecil pertumbuhannya tidak akan bisa maksimal. Nanti akan saya informasikan lagi kalau bagaimana2. Salam

Buat Mas Koko, kalau untuk jenis kelinci besar seperti FG, NZ, ES coba cari di Balitnak Bogor, dijamin murni, tapi harus bilang minta yang murni. Kalau untuk rex bisa cari di peternakannya dr.Kelly ( tau kan? ) itu murni keturunan rex dari ARBA.

Buat Mas Imam, kalau mau cari Holland Lop di jakarta juga ada, coba hub. Pak Lutfi di 08128625026 ( itu kenalan saya ). Bilang saja saya yang merekomendasikan, mudah2an dikasi diskon he...3x.

wah gak apa2 tuh mas klo saya telp pak Luthfi langsung?

lokasi beliau ada dmn ya mas?

klo yg di dr. kelly cuma ada rex aja ya mas?

saya lebih suka sama Holland Lop, fuzzy Lop, Angora..

jenis2 tersebut ada ga ya di sana?
tentunya yg pure breed

Ini Rendro. Tidak apa-apa mas Hendra. Saya maklum dengan keadaan yang ada. Saya masih sabar menunggu yang berikutnya. Terima kasih atas informasinya.

Buat mas Imam,
Tidak apa2 mas, langsung saja tlp Pak Lutfi. Setau saya yang jadi unggulan di peternakannya dr.Kelly hanya jenis rex saja. Tapi coba saja dulu kesana, siapa tau ada jenis2 yang mas Imam inginkan.

mas saya pejantan fuzy loop asli...
kalo dijual berapa masz

mas hendro saya sandy rakhmat,maw nanya harga pasaran new zealand dan flemish giant berapaan?
saya rencana nya maw ternak kecil"an jenis pedaging,pilih NZ ato FG?ato dua"nya?disilangkan bagus ga?

satu lg mas minta rekomendasi di bandung ato yang deket" bandung ,untuk indukan yang bagus bwat jenis NZ dan FG dmana?brapaan?
terima kasih

@Mas Sandy: Klo utk pedaging mendingan cr persilangan antara NZWhite dg kelinci lokal aja mas, produktifitas dan kualitas dagingnya bagus. Coba cr bibit di Balitnak Bogor mas.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

dr kelly itu alamatnya dimana ya mas? kbrin ya mas ke mamaendutz@yahoo.com nunu jakarta.

Mas, dr. Kelly & Balitnak Bogor alamatnya di mana ya? Sy beli kelinci American Fuzzy Lop di Asep Sutisna Lembang, asli tdk ya? krn kupingnya kadang hanya jatuh sebelah? Tlg email ke fam_lanny@yahoo.com. Thx

hlo.. sy mau nanya..
misalkan foto klc Fuzzy Lop (FL) yg gak murni (foto 1) adlh betina dan FL murni-nya jantan, lalu dikawinkan, apakah anakan dr FL gak murni tsb bisa kembali berciri FL yg murni?? klo iya, bisakah sy sebut anakan itu murni? (krn ciri2nya sdh memenuhi). Mksh banyak sblmya..

Selama ciri2nya sudah memenuhi standar gpp, krn mungkin tingkat kemurniannya sudah 75% atau bahkan lebih.

punten mas,sentra kelinci yang di magelang letaknya dimana ya?

mas alamat dr.kely dmn,,,bs minta no kontaknya?tlg sms ke no saya 085224901230 prima

mas gak punyak kenalan yang jual kelinci anggora asli di Sidoarjo

mas sandy waktu beli kelinci fuzzy lop di asep harganya brp ya ? mohon balesnya jikantdk sibuk . . 081321602098

Pengen punya FL murni, tp kok jauh2 y. Kasian djalan kelamaan, (lokasi saya dSolo)


EmoticonEmoticon