Menyongsong Kejayaan Kelinci pada 2011

Menyongsong Kejayaan Kelinci 2011 - Terbukti pola-pola tradisional dalam memelihara atau beternak kelinci tidak mampu menjawab perkembangan perkelincian yang begitu pesat di Tanah Air pada 2 tahun belakangan ini. Pemberitaan tentang kelinci yang lumayan gencar baik di media cetak, televisi, maupun internet secara tidak langsung telah mendidik masyarakat akan kualitas.

Tuntutan semakin tinggi, sedangkan pasar dipenuhi kelinci-kelinci yang kurang memenuhi harapan konsumen akan kualitas. Ilmu-ilmu 'salah' yang diwariskan oleh pedagang-pedagang kelinci 'nakal' kepada para calon peternak atau peternak pemula. Hal-hal ini turut menjadi penyebab jatuhnya harga kelinci pada pasaran umum (untuk pasar penghobi tulen harga tetap stabil). Sehingga pada akhir 2009 hingga awal-pertengahan 2010 banyak sekali para peternak yang terpaksa gulung tikar (khususnya buat peternak pemula dan yang beternak dengan sistem coba-coba).

Saatnya melangkah kedepan. Saatnya mengikuti pola-pola yang sesuai dengan perkembangan perkelincian saat ini. Saatnya kita berkaca dengan negara-negara lain yang dunia perkelinciannya memang jauh sudah lebih maju.
Memelihara/beternak kelinci memang menguntungkan jika anda memahami tujuan yang benar dan menguasai ilmu yang benar. Sistem coba-coba sudah ketinggalan jaman dan lebih banyak menyebabkan kegagalan/kebangkrutan.
Menjawab banyaknya pertanyaan, baik via tlp dan e-mail yang menginginkan melakukan pelatihan memelihara/beternak kelinci yang benar. Maka materi-materi yang sebelumnya hanya dibagikan saat melakukan pelatihan di Aspek, saya buka secara umum. Saatnya menyongsong kejayaan kelinci pada 2011.

Materi A


Panduan Memulai Memelihara/Beternak Kelinci Dengan Baik dan Benar
Berisikan materi yang dapat membantu anda menentukan tujuan yang benar dengan tips-tips cara memulai untuk masing-masing tujuan anda dalam memelihara/beternak kelinci. Diharapkan tidak ada lagi yang mengeluh gagal atau mengalami kerugian dalam hal memelihara/beternak kelinci.
Sangat cocok bagi pemula, bagi peternak yang tidak puas dengan pola pemeliharaannya, atau anda yang sekadar ingin menambah ataupun mengirit uang belanja dengan tetap mempertahankan gizi keluarga.
Harga = ( Saat ini "digratiskan", syaratnya hanya cukup dengan memberikan "Like" di Facebook pages Tabos Rabbit -> lihat DISINI).

Materi B



Pakan Kelinci dan Resep Tabos Rabbit Food

Berisikan materi yang dapat membantu anda memahami nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh kelinci, pakan-pakan yang sesuai, serta cara mencampur dan menyajikan pakan. Diharapkan tidak ada lagi yang mengalami kegagalan dalam hal memelihara kelinci akibat pakan yang kurang sesuai. Di dalamnya juga berisi bonus resep dari Tabos Rabbit Food dan cara pembuatannya.
Harga: Rp. 20.000,-

Materi C


Panduan Genetik Persilangan Warna pada Kelinci Rex
Berisikan materi yang dapat membantu anda memahami kelompok warna (standar yang diakui) yang ada pada kelinci rex serta persilangan diantara kelompok-kelompok warna tersebut. Diharapkan panduan ini dapat membantu anda menghasilkan standar kelinci rex berkualitas, sehingga mampu meningkatkan kembali pamor kelinci rex yang agak redup akibat menurunnya kualitas kelinci rex secara umum.
Sangat cocok bagi para penghobi yang bertujuan kontes dan peternak yang mengarah untuk industri.
Harga = Rp 15.000,-

Semua materi-materi ini dalam bentuk pdf yang akan dikirimkan ke alamat e-mail masing-masing pemesan.

Cara pemesanan:
  • Ketik-> Materi A spasi alamat e-mail kirim ke 081 738 3317 (jika hanya memesan materi A), tunggu balasan konfirmasi yang akan berisikan jumlah uang yang harus dibayarkan. Jumlah uang yang harus dibayarkan berbeda bagi masing-masing pemesan (Rp. 10.100,-/Rp. 10.200,-/.../Rp. 10.500,-), untuk memudahkan mengirim panduan ke alamat e-mail pemesan yang telah melakukan pembayaran.
  • Ketik-> Materi A,B/ materi A,C/ materi B,C spasi alamat e-mail kirim ke 081 738 3317 (jika memesan 2 materi), langkah selajutnya sama seperti diatas. Untuk pembelian 2 materi akan mendapatkan diskon sebesar Rp. 5.000,-
  • Ketik-> Materi A,B,C spasi alamat e-mail kirim ke 081 738 3317 (jika memesan 3 materi), langkah selanjutnya sama seperti diatas. Untuk pembelian 3 materi akan mendapatkan diskon sebesar Rp. 10.000,-
Untuk pembayaran pembelian materi-materi diatas hanya diterima melalui transfer ke rek. BCA 0190 399 826 a.n Hendra Rekso K W.

Bagi yang telah membeli silahkan memberikan masukan, komen, atau testimoni pada kolom komen dibawah ini.

Menyongsong Kejayaan Kelinci pada 2011 Hendra Wibowo 22/12/10 Materi-materi panduan cara beternak kelinci, cara membuat pakan, dan rahasia mendapatkan kelinci rex kualitas juara. Menyongsong Kejayaan Kelinci 2011 - Terbukti pola-pola tradisional dalam memelihara atau beternak ...


Pada : 22/12/10,

Jika menyukai artikel ini, silahkan daftar untuk berlangganan gratis.

author picture

Tentang Penulis

Saya Hendra Wibowo, seorang penghobi kelinci yang juga sekaligus pemilik dan penulis dari Tabos Rabbit. Saat ini saya lebih banyak disibukan dengan kegiatan di bidang online yang tidak berhubungan dengan kelinci, walau mungkin nama saya masih tercatat di Himakindo (Himpunan Masyarakat Perkelincian Indonesia) dan ARPA (Asian Rabbit Product Association). Anda bisa ikuti saya di G+ @ Hendra Wibowo .

37 komentar...beri komentar baru:

  1. Wah langsung dikirim ya mas? Saya barusan sudah baca2 sekilas, banyak dapet ilmu baru.
    Mudah2an saya yg dapet kelincinya he..he..
    Salam sukses juga

    BalasHapus
  2. Saya beli materi C, mantab..
    Sudah tau cara ngawinin rex yang bener.
    salam persatuan

    BalasHapus
  3. Harus beli kelinci rex lg.
    Yang dirumah ternyata salah pasangan (^-^)
    Materinya ngebantu banget.
    PS: hadiah kelincinya buat aq aja ya hehe
    PISS

    BalasHapus
  4. materinya bagus banget buat buka wawasan seputar kelinci.
    salam sukses mas.

    NB:yang materi B gak bisa dibaca mas, karena gak dalam bentuk PDF.

    BalasHapus
  5. Roni Kelincipurwakarta@yahoo.co.id4 Januari 2011 16.12

    Catatan Buku A : Setelah saya baca materi yg ada di dalamnya saya menilai buku ini materinya lebih mengedepankan tujuan awal kita dalam memelihara kelinci disertai dengan pemilihan kandang bagi masing-masing tujuan, diharapkan agar kita tidak salah tujuan dalam memelihara kelinci, pada poin-poin penting setiap hurufnya di berikan warna berbeda ada hijau,biru dan juga merah, membuat kita sebagai pembaca akan lebih mudah memahami dan mengingat pesan-pesan penting yg di sampaikan, hanya saja saya tidak menemukan bagian dalam pencegahan dan penanganan kelinci yg sakit, karena menurut saya itu juga sangat penting bagi kita dalam memelihara kelinci agar tujuan masing-masih di atas bisa tercapai, terima kasih

    BalasHapus
  6. Ari: akan saya kirim ulang mas.
    Roni: terima kasih atas masukannya bos, pencegahan dan penanganan kelinci yg sakit memang sengaja tidak diulas pada buku A, menurut saya jika langkah2 dalam buku A sudah diikuti dengan baik, maka dengan sendirinya itu sudah merupakan pencegahan agar kelinci tidak sakit, selanjutnya jika ada masalah tentang suatu penyakit kelinci dapat langsung ditanyakan ke saya via e-mail.
    Salam

    BalasHapus
  7. Roni Kelincipurwakarta@yahoo.co.id5 Januari 2011 09.09

    ARI : Sedikit membantu buat mas ARI, saya membeli materi A,B,C, materi B belum dlm bentuk PDF, tinggal di Rename belakangnya di kasih (.PDF), terima kasih semoga dapat membantu
    Mas Hendra : makasih mas jawabanya, semoga perkelinciaan di Indonesia 2011 makin maju, salam

    BalasHapus
  8. Mas untuk resep pakannya harus beli aditif sm kalsium-vitamin-mineral di Tabos ya? klo gak pake itu gimana?

    BalasHapus
  9. @Bayu: tidak harus bos, kan sudah dicantumkan kebutuhan nutrisi seimbang yg dibutuhkan kelinci, jadi silahkan berkreasi sendiri. khusus untuk resep Tabos Rabbit Food saya memang menambahkan kalsium-vitamin-mineral dan aditif. lagipula jauh lebih hemat jika hanya membeli kalsium-vitamin-mineral dan aditif daripada membeli pakannya langsung (apalagi untuk yg diluar Batu-Malang).

    BalasHapus
  10. sudah sampai materinya...saya ternak kelinci jenis pedaging dan berencana mengembangkan ke skala yg lebih besar...saat ini jumlah kelinci saya 100an ekor...kendala utama adalah mengatasi masalah pakan yg konsisten karena selama ini saya mengandalkan ampas tahu dan hijauan rumput sekitar...sangat merepotkan..sulit bagi saya untuk mengembangkan peternakan dengan mengandalkan pola pakan tersebut..ini merupakan masukan bagus untuk menambah ilmu khususnya masalah pakan yang selama ini jadi kendala untuk mengembangkan ternak kelinci ke skala yang lebih besar...terima kasih...Semoga Makin Maju Perkelincian Indonesia....

    BalasHapus
  11. terima kasih mas, panduan materi c-nya sudah saya baca dan ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
    1.untuk mengembalikan warna rex yang kwalitasnya kurang bagus,apakah rex jantan apa rex betina yang harus kita cari untuk meningkatkan kualitas
    2. kalo jenis papilon itu termasuk jenis broken ato apa

    BalasHapus
  12. Klo untuk mengembalikan warna sebenarnya menurut teori sama saja, hanya saja secara praktek pejantan lebih dominan mempengaruhi warna pada anakannya.
    Jenis papilon berdiri sendiri bos/bukan broken.

    BalasHapus
  13. mantep bukunya, ditunggu pengumuman pemenang kelincinya, dah ada blom ya...

    BalasHapus
  14. Mas Hendra,
    Terima kasih manualnya sdh diterima, maaf nech saya masih newbie, jd akan banyak tanya2.
    Polard & Hay itu apa ya? belinya dimana? Salam sukses

    BalasHapus
  15. Untuk penjelasan polard dan hay ada di blog ini pada label Pola Hidup.

    NB: bagi yang mengisi kolom komen diharap mencantumkan nama agar saya tau nama2 yang akan diundi, trims...

    BalasHapus
  16. Mas Hendra,
    Saya Andre, manual sdh diterima, mantap bgt isinya...sekarang jadi lebih paham mengurus kelinci setelah membaca manual dari Mas, jadi kelinci dirumah bisa lebih sehat & tidak gampang sakit. Satu hal lagi, ada gk distributor / cabang Mas Hendra di Jakarta utk penjualan Kelinci atau pakan Tabos? Salam sukses selalu
    Andre

    BalasHapus
  17. yusma pelanggan dari kepanjen
    Materinya A,B,C bagus mas….sangat membantu dan membangun,saya tidak kecewa membelinya, dengan harga segitu kita sedikit-banyak bias tahu, bias nambah pengalaman.
    Untuk saat ini masih belum bisa dapatkan bahan2 untuk pakan, sementara beli pakan jadi dimas nya dulu yah…..ti kalo dah dapet bahan2 nya tinggal beli aditif nya sama vit-kal-min.
    Wah undian kelinci tahap satu nya udah yahh….
    kalo boleh kasih saran, ti keluarin materi juga tentang cara pengolahan kulit-bulu (fur) nya sekalian mas heeeee…..
    yg laennya ndek email y bosh…..

    BalasHapus
  18. singkat, padat nan jelas. materinya sederhana tapi sesuai dengan yang kita butuhkan. kalo ada, minta materi penyembelihan dan pengulitan yang baik sehingga bisa menghasilkan daging dan fur yang berkualitas. mudah-mudahan koment sederhana ini dapat mengantarkan kelinci2 yang diundi tersebut ke kandangku, eh maksudnya kandang kelinciku. thx for the great info you gave, boss. ngomong2 kapan yg selanjutnya diundi?

    BalasHapus
  19. Ketiga materi sudah saya terima dan saya baca dan sangat bermanfaat buat newbie seperti saya. Ada pertanyaan nih, menurut mas hendra kedepannya mana yang lebih prospektif kelinci hias atau pedaging?

    Terima kasih

    BalasHapus
  20. @Ubhan: untuk penyembelihan dan pengulitan saya rasa ada banyak info gratisannya di internet bos, hanya cara pengolahan kulit-bulu (fur) kelinci memang mungkin blom ada. nanti jika materi panduan sudah siap (saya harus praktek dulu/melihat hasilnya dulu) baru akan saya keluarkan.

    Nandang: dua2nya sama2 mempunyai prospek, hanya saja untuk kelinci hias krn berhubungan dengan hobi, maka pasarnyapun akan naik turun tergantung trend jenis kelinci yang sedang 'in'. klo untuk pedaging (seperti kata Om Bob Sadino), jika urusannya dengan perut maka tidak pernah ada matinya. hehehehe....

    BalasHapus
  21. Sebuah tulisan yang membangkitkan semangat. dari tulisan ini saya bisa tahu banyak hal tentang pemeliharaan kelinci. Saya harap nanti bisa berkunjung ke Tabos setelah lebaran nanti. Berkonsultasi lebih detail, mendapatkan bibit kelinci dengan kwalitas yang baik dan segera memulai usaha/hobby yang menyenangkan ini. Thanks a lot, atas ilmu yang anda sharing. Terus berkarya dan menginspirasi lebih banyak orang.

    BalasHapus
  22. @Siti Nuraini: terima kasih atas sanjungannya yang bertubi-tubi, saya jd sedikit besar kepala nih hehehe....istighfar..
    Silahkan berkunjung jika berkenan, saya hanya penghobi rumahan.
    Salam

    BalasHapus
  23. Panduan materi sudah saya terima, cocok banget buat pemula seperti saya. Mas klo bisa hal2 yg lebih detail dibahas juga dong! Mohon masukannya diterima :)

    BalasHapus
  24. saya sudah membaca semua materinya dan isinya sangat bagus.saya hanya ingin memberikan satu saran, bagaimana kalau ada pembahasan tentang semua jenis kelinci.karena sampai saat ini saya masih belum tahu perbedaan kelinci Rex Broken black, dalmation, papilon, & bulldog. terima kasih...

    BalasHapus
  25. Agus Setiawan29 Maret 2012 14.55

    Materi A Panduan yg cukup praktis dan bermanfaat bagi pemula. Saran kalo bisa ditambahkan materi pengolahan serta pemanfaatan urin dan kotoran kelinci sebagai nilai tambah ternak kelinci. Juga kalo bisa perhitungan biaya pembuatan kandang dari yg ekonomis sampai yg moderen untuk menambah inspirasi pembaca.

    Materi B Resep Pakan kalo bisa dikembangkan juga formula ekonomis yg bisa diterapkan untuk kelinci pedaging dari bahan-bahan yg murah dan gampang diperoleh. Kalo pakan dg harga 5000 per kg masih belum ekonomis untuk ternak kelinci pedaging mas.

    Materi C sangat informatif banget. Saya baru tahu kalo mengawinkan kelinci rex tidak boleh sembarangan. Selama ini yg penting ada jantan dan betina bagus kawinkan aja he he...

    Kalo bisa bikin materi breedingnya Mas Hendra untuk menghasilkan indukan dan final stock kelinci potong yg unggul seperti ayam potong. Terima kasih banyak atas materinya yg bermanfaat. Salam

    BalasHapus
  26. @Silmi Kaaffah: Untuk jenis2 kelinci sudah ada di dalam blog ini, coba cari di label jenis kelinci & jenis kelinci 2. Memang tidak cukup detail, untuk kedepannya akan akan saya tambahkan lebih detail lagi termasuk untuk yang kriteria kontes. Trims sarannya!! :)

    BalasHapus
  27. @Agus Setiawan:
    1. Untuk pengolahan urin dan kotoran kelinci menjadi pupuk organik sudah pernah saya tulis di blog ini (silahkan dicari). Untuk biaya pembuatan kandang saya rasa akan berbeda-beda di setiap daerah karena berkaitan dengan bahan yang dipakai (yang didapat gratis/membeli/harganya).

    2. Harga pakan 5000/kg itu harga saya menjual pakan yang telah saya campur gan. Sedangkan jika mencampur sendiri tentu harganya akan dibawah itu. Coba agan kalkulasi dulu dengan harga bahan2 baku pakan di daerah agan. Berdasarkan resep saya, saya rasa harganya sangat masuk akal jika digunakan untuk peternakan kelinci pedaging. Atau agan bisa mencari alternatif bahan baku lain yang harganya lebih murah di daerah agan, rumusnya sudah saya cantumkan di panduan, silahkan agan utak-atik sendiri (akan menyenangkan jika dilakukan langsung dengan praktek)

    3. Untuk materi breedingnya sabar dulu ya gan, saya belum berani mengeluarkan. Soalnya agak sensitif, saya sendiri masih blom yakin juga. Klo salah bisa2 saya dimarahi Bapaknya kelinci Indonesia hehehe.... Tapi klo secara umum saya bisa jelaskan, silahkan langsung bertanya ke e-mail saya, atau di blog ini juga boleh (tapi jangan di kolom komen ini ya :) )

    Salam Kelinci Indonesia!!!

    BalasHapus
  28. Materi B sudah saya terima di Jogja....15 menit setelah pemesanan, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  29. bagaimana caranya ingin mendapatkan materi B
    Padahal saya sudah mengelikenya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sudah digratiskan itu hanya materi A mas. Coba dibaca lebih teliti.

      Salam

      Hapus
  30. aku udah like tp gak bisa download materi A nya
    gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim ke inbox fb-nya.Silahkan di cek.

      Hapus
    2. saya tidak dapet inbox di fb saya?

      Hapus
    3. Kolom message-nya dibuka dulu, dirubah jadi publik agar saya bisa kirim file-nya. Klo inbox-nya terkunci gimana sy bisa kirim? :)

      Hapus
  31. andri supriyanto dari jakarta
    Materi A sangat membantu bagi para pemula yg ingin beternak dan memelihara kelinci
    Materi B dan C ini sangat bagus dan baru dapatkan pengetahuan ini di sini, pokoknya recomended banget deh...makasih mas hendra..jadi bisa berkreasi bikin pakan kelinci sendiri...

    salam
    Andri Supriyanto

    BalasHapus
  32. mas,,paket panduan nya apa masih tersedia sekarang,,makasi

    mataram-lombok

    BalasHapus

wawan mengatakan...

Wah langsung dikirim ya mas? Saya barusan sudah baca2 sekilas, banyak dapet ilmu baru.
Mudah2an saya yg dapet kelincinya he..he..
Salam sukses juga

Aji mengatakan...

Saya beli materi C, mantab..
Sudah tau cara ngawinin rex yang bener.
salam persatuan

Intan mengatakan...

Harus beli kelinci rex lg.
Yang dirumah ternyata salah pasangan (^-^)
Materinya ngebantu banget.
PS: hadiah kelincinya buat aq aja ya hehe
PISS

ari mengatakan...

materinya bagus banget buat buka wawasan seputar kelinci.
salam sukses mas.

NB:yang materi B gak bisa dibaca mas, karena gak dalam bentuk PDF.

Roni Kelincipurwakarta@yahoo.co.id mengatakan...

Catatan Buku A : Setelah saya baca materi yg ada di dalamnya saya menilai buku ini materinya lebih mengedepankan tujuan awal kita dalam memelihara kelinci disertai dengan pemilihan kandang bagi masing-masing tujuan, diharapkan agar kita tidak salah tujuan dalam memelihara kelinci, pada poin-poin penting setiap hurufnya di berikan warna berbeda ada hijau,biru dan juga merah, membuat kita sebagai pembaca akan lebih mudah memahami dan mengingat pesan-pesan penting yg di sampaikan, hanya saja saya tidak menemukan bagian dalam pencegahan dan penanganan kelinci yg sakit, karena menurut saya itu juga sangat penting bagi kita dalam memelihara kelinci agar tujuan masing-masih di atas bisa tercapai, terima kasih

Hendra Wibowo mengatakan...

Ari: akan saya kirim ulang mas.
Roni: terima kasih atas masukannya bos, pencegahan dan penanganan kelinci yg sakit memang sengaja tidak diulas pada buku A, menurut saya jika langkah2 dalam buku A sudah diikuti dengan baik, maka dengan sendirinya itu sudah merupakan pencegahan agar kelinci tidak sakit, selanjutnya jika ada masalah tentang suatu penyakit kelinci dapat langsung ditanyakan ke saya via e-mail.
Salam

Roni Kelincipurwakarta@yahoo.co.id mengatakan...

ARI : Sedikit membantu buat mas ARI, saya membeli materi A,B,C, materi B belum dlm bentuk PDF, tinggal di Rename belakangnya di kasih (.PDF), terima kasih semoga dapat membantu
Mas Hendra : makasih mas jawabanya, semoga perkelinciaan di Indonesia 2011 makin maju, salam

ari mengatakan...

terima kasih mas ^^

bayu mengatakan...

Mas untuk resep pakannya harus beli aditif sm kalsium-vitamin-mineral di Tabos ya? klo gak pake itu gimana?

Hendra Wibowo mengatakan...

@Bayu: tidak harus bos, kan sudah dicantumkan kebutuhan nutrisi seimbang yg dibutuhkan kelinci, jadi silahkan berkreasi sendiri. khusus untuk resep Tabos Rabbit Food saya memang menambahkan kalsium-vitamin-mineral dan aditif. lagipula jauh lebih hemat jika hanya membeli kalsium-vitamin-mineral dan aditif daripada membeli pakannya langsung (apalagi untuk yg diluar Batu-Malang).

joko mengatakan...

sudah sampai materinya...saya ternak kelinci jenis pedaging dan berencana mengembangkan ke skala yg lebih besar...saat ini jumlah kelinci saya 100an ekor...kendala utama adalah mengatasi masalah pakan yg konsisten karena selama ini saya mengandalkan ampas tahu dan hijauan rumput sekitar...sangat merepotkan..sulit bagi saya untuk mengembangkan peternakan dengan mengandalkan pola pakan tersebut..ini merupakan masukan bagus untuk menambah ilmu khususnya masalah pakan yang selama ini jadi kendala untuk mengembangkan ternak kelinci ke skala yang lebih besar...terima kasih...Semoga Makin Maju Perkelincian Indonesia....

Anonim mengatakan...

terima kasih mas, panduan materi c-nya sudah saya baca dan ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
1.untuk mengembalikan warna rex yang kwalitasnya kurang bagus,apakah rex jantan apa rex betina yang harus kita cari untuk meningkatkan kualitas
2. kalo jenis papilon itu termasuk jenis broken ato apa

Hendra Wibowo mengatakan...

Klo untuk mengembalikan warna sebenarnya menurut teori sama saja, hanya saja secara praktek pejantan lebih dominan mempengaruhi warna pada anakannya.
Jenis papilon berdiri sendiri bos/bukan broken.

Anonim mengatakan...

mantep bukunya, ditunggu pengumuman pemenang kelincinya, dah ada blom ya...

Anonim mengatakan...

Mas Hendra,
Terima kasih manualnya sdh diterima, maaf nech saya masih newbie, jd akan banyak tanya2.
Polard & Hay itu apa ya? belinya dimana? Salam sukses

Hendra Wibowo mengatakan...

Untuk penjelasan polard dan hay ada di blog ini pada label Pola Hidup.

NB: bagi yang mengisi kolom komen diharap mencantumkan nama agar saya tau nama2 yang akan diundi, trims...

totok mengatakan...

Mas Hendra,
Saya Andre, manual sdh diterima, mantap bgt isinya...sekarang jadi lebih paham mengurus kelinci setelah membaca manual dari Mas, jadi kelinci dirumah bisa lebih sehat & tidak gampang sakit. Satu hal lagi, ada gk distributor / cabang Mas Hendra di Jakarta utk penjualan Kelinci atau pakan Tabos? Salam sukses selalu
Andre

rabitos mengatakan...

yusma pelanggan dari kepanjen
Materinya A,B,C bagus mas….sangat membantu dan membangun,saya tidak kecewa membelinya, dengan harga segitu kita sedikit-banyak bias tahu, bias nambah pengalaman.
Untuk saat ini masih belum bisa dapatkan bahan2 untuk pakan, sementara beli pakan jadi dimas nya dulu yah…..ti kalo dah dapet bahan2 nya tinggal beli aditif nya sama vit-kal-min.
Wah undian kelinci tahap satu nya udah yahh….
kalo boleh kasih saran, ti keluarin materi juga tentang cara pengolahan kulit-bulu (fur) nya sekalian mas heeeee…..
yg laennya ndek email y bosh…..

ubhan mengatakan...

singkat, padat nan jelas. materinya sederhana tapi sesuai dengan yang kita butuhkan. kalo ada, minta materi penyembelihan dan pengulitan yang baik sehingga bisa menghasilkan daging dan fur yang berkualitas. mudah-mudahan koment sederhana ini dapat mengantarkan kelinci2 yang diundi tersebut ke kandangku, eh maksudnya kandang kelinciku. thx for the great info you gave, boss. ngomong2 kapan yg selanjutnya diundi?

nandang mengatakan...

Ketiga materi sudah saya terima dan saya baca dan sangat bermanfaat buat newbie seperti saya. Ada pertanyaan nih, menurut mas hendra kedepannya mana yang lebih prospektif kelinci hias atau pedaging?

Terima kasih

Hendra Wibowo mengatakan...

@Ubhan: untuk penyembelihan dan pengulitan saya rasa ada banyak info gratisannya di internet bos, hanya cara pengolahan kulit-bulu (fur) kelinci memang mungkin blom ada. nanti jika materi panduan sudah siap (saya harus praktek dulu/melihat hasilnya dulu) baru akan saya keluarkan.

Nandang: dua2nya sama2 mempunyai prospek, hanya saja untuk kelinci hias krn berhubungan dengan hobi, maka pasarnyapun akan naik turun tergantung trend jenis kelinci yang sedang 'in'. klo untuk pedaging (seperti kata Om Bob Sadino), jika urusannya dengan perut maka tidak pernah ada matinya. hehehehe....

Siti Nuraini mengatakan...

Sebuah tulisan yang membangkitkan semangat. dari tulisan ini saya bisa tahu banyak hal tentang pemeliharaan kelinci. Saya harap nanti bisa berkunjung ke Tabos setelah lebaran nanti. Berkonsultasi lebih detail, mendapatkan bibit kelinci dengan kwalitas yang baik dan segera memulai usaha/hobby yang menyenangkan ini. Thanks a lot, atas ilmu yang anda sharing. Terus berkarya dan menginspirasi lebih banyak orang.

Hendra Wibowo mengatakan...

@Siti Nuraini: terima kasih atas sanjungannya yang bertubi-tubi, saya jd sedikit besar kepala nih hehehe....istighfar..
Silahkan berkunjung jika berkenan, saya hanya penghobi rumahan.
Salam

joko mengatakan...

Panduan materi sudah saya terima, cocok banget buat pemula seperti saya. Mas klo bisa hal2 yg lebih detail dibahas juga dong! Mohon masukannya diterima :)

Silmi Kaaffah mengatakan...

saya sudah membaca semua materinya dan isinya sangat bagus.saya hanya ingin memberikan satu saran, bagaimana kalau ada pembahasan tentang semua jenis kelinci.karena sampai saat ini saya masih belum tahu perbedaan kelinci Rex Broken black, dalmation, papilon, & bulldog. terima kasih...

Agus Setiawan mengatakan...

Materi A Panduan yg cukup praktis dan bermanfaat bagi pemula. Saran kalo bisa ditambahkan materi pengolahan serta pemanfaatan urin dan kotoran kelinci sebagai nilai tambah ternak kelinci. Juga kalo bisa perhitungan biaya pembuatan kandang dari yg ekonomis sampai yg moderen untuk menambah inspirasi pembaca.

Materi B Resep Pakan kalo bisa dikembangkan juga formula ekonomis yg bisa diterapkan untuk kelinci pedaging dari bahan-bahan yg murah dan gampang diperoleh. Kalo pakan dg harga 5000 per kg masih belum ekonomis untuk ternak kelinci pedaging mas.

Materi C sangat informatif banget. Saya baru tahu kalo mengawinkan kelinci rex tidak boleh sembarangan. Selama ini yg penting ada jantan dan betina bagus kawinkan aja he he...

Kalo bisa bikin materi breedingnya Mas Hendra untuk menghasilkan indukan dan final stock kelinci potong yg unggul seperti ayam potong. Terima kasih banyak atas materinya yg bermanfaat. Salam

Hendra Wibowo mengatakan...

@Silmi Kaaffah: Untuk jenis2 kelinci sudah ada di dalam blog ini, coba cari di label jenis kelinci & jenis kelinci 2. Memang tidak cukup detail, untuk kedepannya akan akan saya tambahkan lebih detail lagi termasuk untuk yang kriteria kontes. Trims sarannya!! :)

Hendra Wibowo mengatakan...

@Agus Setiawan:
1. Untuk pengolahan urin dan kotoran kelinci menjadi pupuk organik sudah pernah saya tulis di blog ini (silahkan dicari). Untuk biaya pembuatan kandang saya rasa akan berbeda-beda di setiap daerah karena berkaitan dengan bahan yang dipakai (yang didapat gratis/membeli/harganya).

2. Harga pakan 5000/kg itu harga saya menjual pakan yang telah saya campur gan. Sedangkan jika mencampur sendiri tentu harganya akan dibawah itu. Coba agan kalkulasi dulu dengan harga bahan2 baku pakan di daerah agan. Berdasarkan resep saya, saya rasa harganya sangat masuk akal jika digunakan untuk peternakan kelinci pedaging. Atau agan bisa mencari alternatif bahan baku lain yang harganya lebih murah di daerah agan, rumusnya sudah saya cantumkan di panduan, silahkan agan utak-atik sendiri (akan menyenangkan jika dilakukan langsung dengan praktek)

3. Untuk materi breedingnya sabar dulu ya gan, saya belum berani mengeluarkan. Soalnya agak sensitif, saya sendiri masih blom yakin juga. Klo salah bisa2 saya dimarahi Bapaknya kelinci Indonesia hehehe.... Tapi klo secara umum saya bisa jelaskan, silahkan langsung bertanya ke e-mail saya, atau di blog ini juga boleh (tapi jangan di kolom komen ini ya :) )

Salam Kelinci Indonesia!!!

Rudy Harwono mengatakan...

Materi B sudah saya terima di Jogja....15 menit setelah pemesanan, semoga bermanfaat

Hendra mengatakan...

bagaimana caranya ingin mendapatkan materi B
Padahal saya sudah mengelikenya!

Hendra Wibowo mengatakan...

Yang sudah digratiskan itu hanya materi A mas. Coba dibaca lebih teliti.

Salam

salleh mengatakan...

aku udah like tp gak bisa download materi A nya
gmana?

Hendra Wibowo mengatakan...

Sudah saya kirim ke inbox fb-nya.Silahkan di cek.

Stef Husein mengatakan...

saya tidak dapet inbox di fb saya?

Hendra Wibowo mengatakan...

Kolom message-nya dibuka dulu, dirubah jadi publik agar saya bisa kirim file-nya. Klo inbox-nya terkunci gimana sy bisa kirim? :)

Andri Supriyanto mengatakan...

andri supriyanto dari jakarta
Materi A sangat membantu bagi para pemula yg ingin beternak dan memelihara kelinci
Materi B dan C ini sangat bagus dan baru dapatkan pengetahuan ini di sini, pokoknya recomended banget deh...makasih mas hendra..jadi bisa berkreasi bikin pakan kelinci sendiri...

salam
Andri Supriyanto

Anonim mengatakan...

mas,,paket panduan nya apa masih tersedia sekarang,,makasi

mataram-lombok