Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci - Kelinci adalah binatang yang mudah beradaptasi, karena itu merawat binatang yang satu ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Selama semua kebutuhan yang diperlukan oleh kelinci kesayangan kita dapat terpenuhi dengan baik, maka kelinci akan hidup dan berkembang dengan baik dan sehat.

cara merawat kelinci

Ketika anda memutuskan untuk melakukan budidaya kelinci, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena walaupun kelinci adalah binatang yang mudah beradaptasi, kelinci juga termasuk binatang yang mudah stres. Perawatan kelinci yang baik dan benar meliputi :

Sistem Perkandangan

Kandang adalah hal pertama yang harus anda perhatikan (kecuali anda memelihara kelinci hanya beberapa ekor dan membiarkan mereka hidup bebas tanpa kandang). Kandang yang buruk dan tidak nyaman akan membuat kelinci mudah stres dan terkena penyakit. Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang kandang kelinci yang baik, silahkan lihat Kandang Kelinci dan Kandang Kelinci Hias

Pakan Kelinci dan Cara Pemberiannya

Selanjutnya yang tidak kalah penting mengenai tips cara merawat kelinci adalah pemberian jenis pakan yang sesuai dan cara pemberian pakan yang benar. Seringkali seorang pemula (newbie) gagal memelihara kelinci karena salah dalam memberikan pakan kepada kelincinya. Untuk mengetahui pakan yang cocok untuk kelinci, silahkan lihat Aneka Makanan Kelinci Dan untuk mengetahui cara memberikan pakan yang baik, silahkan lihat Jadwal Pemberian Pakan Kelinci
  • Kebersihan kandang juga hal yang mutlak, jika kandang kotor kelinci akan mudah terkena penyakit.
  • Untuk kelinci berbulu panjang, anda harus rajin menyisirnya agar bulunya tidak "menggimbal". Jika bulu sudah terlanjur gimbal maka anda dapat menyukurnya, kelinci yang rajin dicukur akan mempunyai bulu yang lebih indah.
  • Anda juga boleh memandikan kelinci jika kelinci anda terlihat kotor, namun jangan terlalu sering memandikan kelinci dan gunakan air hangat saat memandikannya.
  • Jika kuku kaki kelinci sudah terlalu panjang, anda juga boleh untuk memotongnya.

Cara Merawat Kelinci Hendra Wibowo 12/08/12 Cara merawat kelinci yang baik dan benar tidaklah sulit. Lihat panduan lengkapnya berikut ini jika ingin kelinci anda tetap sehat! Cara Merawat Kelinci - Kelinci adalah binatang yang mudah beradaptasi, karena itu merawat binatang...


Pada : 12/08/12,

Jika menyukai artikel ini, silahkan daftar untuk berlangganan gratis.

author picture

Tentang Penulis

Saya Hendra Wibowo, seorang penghobi kelinci yang juga sekaligus pemilik dan penulis dari Tabos Rabbit. Saat ini saya lebih banyak disibukan dengan kegiatan di bidang online yang tidak berhubungan dengan kelinci, walau mungkin nama saya masih tercatat di Himakindo (Himpunan Masyarakat Perkelincian Indonesia) dan ARPA (Asian Rabbit Product Association). Anda bisa ikuti saya di G+ @ Hendra Wibowo .

4 komentar...beri komentar baru:

  1. emang boleh dimandiin yahh??, aku takut mati

    BalasHapus
  2. aku pernah mandiin kelinciku

    BalasHapus
  3. gmn bikin kelinci anteng saat dipotong kukunya?

    BalasHapus

Sherly Noviani mengatakan...

emang boleh dimandiin yahh??, aku takut mati

Damas mengatakan...

aku pernah mandiin kelinciku

katri mengatakan...

gmn bikin kelinci anteng saat dipotong kukunya?