Kelinci Himalayan (Salah Satu Jenis Kelinci Terlangka)

Kelinci Himalayan – Mungkin dari namanya orang-orang akan mengira bahwa kelinci ini berasal dari Pegunungan Himalaya. Tapi sebenarnya tidak ada yang tahu pasti dari mana jenis kelinci ini berasal.

kelinci himalayan - salah satu jenis kelinci terlangka

Memang masyarakat di Indonesia dan sebagian besar negara di dunia mengenal kelinci ini dengan nama Himalayan, namun di sebagian negara lainnya – kelinci unik ini disebut dengan The Russian, The Chinese, The Egyptian, The Black Nose, dll.

Hal tersebut dapat dikatakan cukup wajar, karena kelinci Himalayan memang salah satu jenis kelinci tertua... dan penyebarannya yang lebih luas dari jenis kelinci lain di dunia.



Uniknya... walaupun jenis kelinci himalayan ini menyebar hampir ke seluruh dunia, namun faktanya himalayan adalah salah satu jenis kelinci terlangka di dunia. Dan jenis ini juga bukan dari hasil persilangan dan tidak bisa disilangkan untuk mendapatkannya. Inilah yang menyebabkan harga kelinci himalayan lumayan tinggi di pasaran.

Ciri-Ciri Kelinci Himalayan

Kelinci ini sangat mudah dikenali dari ciri-cirinya yang cukup mencolok – yaitu warna hitam di hidung, telinga, ekor, serta ujung-ujung kaki dengan tubuh berwarna putih salju serta matanya yang berwarna mad pink.

Namun selain warna hitam ada juga variasi warna lain yaitu biru, coklat, dan ungu. Kelinci Himalayan merupakan jenis kelinci kecil dan sangat bersahabat, sehingga cocok untuk dihadiahkan kepada anak-anak. Berat dari jenis kelinci ini adalah antara 1,13kg - 2,27kg, namun bobot idealnya adalah 1,5kg.



EmoticonEmoticon