Mengenal Jenis Kelinci Rex (Si Raja Kelinci)

Kelinci rex atau banyak juga yang menyebutnya dengan istilah kelinci karpet adalah jenis kelinci yang sudah lama beredar di Indonesia. Cirinya mudah dikenali – yaitu bulu yang pendek, halus, dan berdiri tegak di seluruh tubuhnya. Menurut saya pribadi, bulu kelinci ini lebih cocok dibilang seperti beludru dibandingkan karpet.

kelinci rex bulu karpet

Sejarah dan Asal-Usul Kelinci Rex

Menurut catatan sejarah, jenis kelinci ini pertama kali dikenal di sebuah desa kecil bernama Coulonge di Perancis, pada th. 1919. Selanjutnya kelinci rex pertama kali mengikuti eksebisi untuk diperkenalkan ke umum pada th. 1924 di Paris.


Nama rex sendiri sebenarnya berasal dari ucapan sang peternak yang mengatakan bahwa kelinci yang dibawanya adalah raja kelinci (rabbit king). Dalam bahasa Latin REX berarti RAJA. Pada perkembangan berikutnya kelinci ini terus-menerus disempurnakan – baik itu untuk kualitas fur maupun proporsi dan bentuk tubuhnya.

Sekarang kita mengenal ada banyak warna yang diakui untuk jenis kelinci ini, namun secara umum yang dikenal adalah ermine (putih polos), hitam, biru, castor, otter, lilac dan oranye.

Kelinci Rex Sebagai Hewan Kesayangan

Awalnya kelinci rex sebenarnya dikembangkan untuk tujuan industri, yaitu untuk diambil furnya – karena memang kualitasnya yang sangat bagus. Namun belakangan kelinci rex juga menjadi binatang fancy (kesayangan).

Setiap orang pasti akan senang untuk berlama-lama membelai jenis kelinci ini karena bulunya yang sangat halus sekali. Inilah sebenarnya keunggulan utama dari jenis kelinci rex disamping keunggulan yang lainnya.

Kelinci ini sangat cocok hidup di daerah yang bersuhu rendah, dimana semakin rendah suhunya... maka semakin bagus dan indah pula kualitas bulunya. Berat ideal dari kelinci rex (standar) adalah antara 3,6kg – 4kg.


NB: Jika anda tertarik untuk memelihara atau mengembangkan jenis kelinci rex – anda bisa mendapatkan RAHASIA breeding kelinci rex untuk menghasilkan kelinci rex kualitas kontes DISINI >>

1 komentar:


EmoticonEmoticon