Kelinci New Zealand

jenis kelinci new zealand whiteNew Zealand White

kelinci new zealand hitamNew Zealand Black

jenis kelinci new zealand redNew Zealand Red

Kelinci New Zealand - Seperti banyak jenis-jenis kelinci lain yang sudah saya bahas disini, jenis kelinci yang satu ini juga tidak ada hubungannya dengan namanya. Sebenarnya kelinci ini aslinya berasal dari Amerika. Namun karena namanya, banyak yang jadi salah kira dan mengatakan jika jenis kelinci ini berasal dari Australia.

Sejarah Kelinci New Zealand

Dipercaya kelinci jenis New Zealand ini adalah hasil dari persilangan jenis kelinci Flemish Giant dan Belgian Hare pada masa sekitar th.1900. Pada awalnya kelinci New Zealand dikembangkan untuk diambil dagingnya sebagai sumber protein, ini karena bobot kelinci ini yang bisa mencapai 5,44 kg. Namun pada perkembangannya, jenis kelinci ini akhirnya dimasukan juga sebagai hewan peliharaan.

Jenis kelinci New Zealand sendiri mulai dikembangkan secara industri pada th.1917. Selanjutnya kelinci ini menyebar ke Inggris setelah PD 2 pada th.1945. Mungkin jenis inilah yang paling populer di Indonesia, karena memang banyak sekali yang menanyakan jenis ini kepada saya.

Ciri-Ciri dan Standar Kelinci New Zealand

  • Ciri-ciri jenis kelinci ini adalah mempunyai dada yang penuh, badannya medium namun terlihat bundar dan gempal, kaki depan agak pendek, kepala besar dan agak bundar, telinga agak besar dan tebal dengan ujungnya yang sedikit membulat, serta bulunya sangat tebal namun halus.
  • Warna yang diakui adalah merah, putih, hitam, dan biru.
  • Bobot maksimal rata-rata adalah 5,44 kg (New Zealand White, Black, Blue). Khusus untuk New Zealand Red dikelompokkan tersendiri dengan bobot rata2 3,62 kg.
  • Lama hidup dapat mencapai 10 th bila dirawat dengan baik.

Kelinci New Zealand Hendra Wibowo 15/01/09 Sejarah kelinci New Zealand, ciri-ciri, dan standar yang diakui untuk bobot dan warnanya. New Zealand White New Zealand Black New Zealand Red Kelinci New Zealand - Seperti bany...


Pada : 15/01/09,

Jika menyukai artikel ini, silahkan daftar untuk berlangganan gratis.

author picture

Tentang Penulis

Saya Hendra Wibowo, seorang penghobi kelinci yang juga sekaligus pemilik dan penulis dari Tabos Rabbit. Saat ini saya lebih banyak disibukan dengan kegiatan di bidang online yang tidak berhubungan dengan kelinci, walau mungkin nama saya masih tercatat di Himakindo (Himpunan Masyarakat Perkelincian Indonesia) dan ARPA (Asian Rabbit Product Association). Anda bisa ikuti saya di G+ @ Hendra Wibowo .

3 komentar...beri komentar baru:

  1. Dimana saya boleh dapatkan baka new zealand white dan californian di indonesia?
    Apakah prosedur disana untuk membawa ke malaysia?
    Adakah saudara boleh bantu saya tentang hal ini?
    Ini emel saya ery_clunx@yahoo.com

    BalasHapus
  2. saya dah punya red dan black.. saya mau yang merah pesan dimana ya.. tapi new zealand oleh kami lebih familiar disebut kelinci kampung...

    BalasHapus
  3. maaf iji menjawab thew setau saya yg disebut klinci kampung itu jenis klinci australi yg dah lama kita ketahui tp ada bedanya dgn jenis new zealand cb cek yg australi putih tu telinganya tipis dan ujung runcing tp yg new zeland telinga tebal ujung membulat...

    BalasHapus

Anonim mengatakan...

Dimana saya boleh dapatkan baka new zealand white dan californian di indonesia?
Apakah prosedur disana untuk membawa ke malaysia?
Adakah saudara boleh bantu saya tentang hal ini?
Ini emel saya ery_clunx@yahoo.com

thew mengatakan...

saya dah punya red dan black.. saya mau yang merah pesan dimana ya.. tapi new zealand oleh kami lebih familiar disebut kelinci kampung...

banyumentah mengatakan...

maaf iji menjawab thew setau saya yg disebut klinci kampung itu jenis klinci australi yg dah lama kita ketahui tp ada bedanya dgn jenis new zealand cb cek yg australi putih tu telinganya tipis dan ujung runcing tp yg new zeland telinga tebal ujung membulat...