Kelinci Hamil

Kelinci Hamil - Setelah sebelumnya Tabos Rabbit telah memberikan informasi mengenai "Cara Mengawinkan Kelinci" yang baik dan benar, maka pada potingan kali adalah waktunya membagikan informasi mengenai semua hal yang kira-kira perlu anda ketahui tentang kehamilan kelinci. 

Setelah kelinci berhasil dikawinkan, maka selanjutnya kita perlu memastikan apakah perkawinan tersebut berhasil atau gagal menghasilkan kebuntingan. Setidaknya ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah kelinci yang dikawinkan tersebut berhasil hamil atau tidak.

Mengetahui Ciri-Ciri Kelinci Hamil

  1. Kawin ulang. Langkah ini dilakukan 1 minggu setelah perkawinan. Jika si kelinci betina sudah hamil, maka betina tersebut akan menolak untuk dikawini kembali oleh pejantan. Biasanya sang betina akan berlari memutari kandang menghindari pejantan atau berdiam di pojokan kandang sambil menyembunyikan vulva-nya. Sang betina juga biasanya akan mengeluarkan suara geraman dan terlihat galak jika didekati pejantan.
  2. Langkah yang ke-2 adalah dengan melakukan palpapsi, yaitu dengan meraba perut kelinci. Ini dapat dilakukan 2 minggu setelah perkawinan. Caranya adalah dengan meraba perut kelinci menggunakan ujung jari telunjuk dan ibu jari secara perlahan dari depan ke bagian belakang. Jika anda merasakan ada "tunas-tunas" sebesar kelereng, maka bisa dipastikan kelinci memang hamil.
  3. Cara yang ke-3 adalah dengan memperhatikan nafsu makannya. Nafsu makan kelinci mulai dapat diperhatikan setelah diatas 1 minggu perkawinan. Jika nafsu makan kelinci meningkat dan tubuhnya juga terlihat semakin membesar maka dapat dipastikan kelinci tersebut memang bunting.

Cara Merawat Kelinci Hamil

Setelah anda memastikan bahwa kelinci indukan benar-benar hamil, maka langkah selanjutnya adalah anda perlu memperhatikan asupan makanannya. Kelinci yang sedang hamil tentu memerlukan makanan yang lebih banyak dari biasanya. Selain untuk menjaga kesehatan induk dan pertumbuhan anak yang dikandungnya, asupan gizi yang baik juga akan menjamin kelinci induk dapat melahirkan dengan lancar tanpa masalah dan anak-anak yang dilahirkan juga sehat.

Selain memperhatikan makanannya, air minum juga sangat penting. Jangan sampai indukan yang hamil kekurangan air minum. Dalam beberapa kasus, indukan dapat menjadi kanibal atau memakan anaknya sendiri setelah melahirkan, hal ini dipercayai karena indukan kelinci mengalami dehidrasi atau kekurangan air minum.

Langkah yang terakhir adalah menyiapkan kotak beranak di kandang induk. Ini dapat dilakukan setelah usia kehamilan kelinci menginjak hari ke-27. Anda dapat menambahkan rumput-rumput kering di dalam kotak untuk dijadikan sarang oleh induk kelinci.

 Contoh Kotak Beranak
kotak beranak
kotak beranak

Biasanya pada usia bunting 27 hari induk kelinci sudah agak malas makan, dia akan lebih sibuk untuk mengorek-ngorek kotak beranak dan mengatur rumput-rumput kering yang ada di kotak tersebut. Dua atau tiga hari kemudian, induk kelinci akan mulai mencabuti bulunya sendiri dan meletakkannya di dalam kotak beranak. Ini adalah saat-saat dimana induk kelinci mulai bersiap-siap untuk melahirkan.

Selanjutnya lihat tentang Pertumbuhan Anak Kelinci 

30 komentar

saya punya 4 anak kelinci, sya satukan dalam 1 kandang , trus, boleh tidak sampai dewasa sya satukan sprti itu ?

Boleh hingga usia 4 bln, namun pastikan jenis kelaminnya sama semua. Jika jenis kelamin campur ada jantan dan betina, maka usia 3 - 3,5 bln sudah harus dipisah.

saya mau tanya gan apa kelinci yg lebat bulunya itu susah hamil yah? meskipun sudah di kawinkan berulang2 kali....!!! makasih gan...

kelinci saya kurus,bulu2 nya agak rontok,krn sy lihat di tmpt kotorannya ada bulu berjatuhan, tapi kelinci yg lain tidak ad yg sperti ini,hanya 1,... gmana nih???

Mungkin sedang molting (ganti bulu), ini hal yang wajar, dan jadwalnya memang berbeda-beda untuk setiap kelinci. Kelinci yang sedang molting memang agak malas makan, biasanya sekitar semingguan, setelah itu nafsu makannya akan bertambah lagi.

oh.. btw, knapa ga boleh di satukan ??? mohon penjelasannya gan..

Agar tidak ada perkawinan dini, jadi kelinci2nya dapat tumbuh menjadi indukan dan pejantan yg sehat.

Sebaiknya memang dicukur dulu sebelum dikawinkan. Klo memang masih tidak bisa hamil, berarti indukannya atau pejantannya yg bermasalah.

Oh, trima kasih, krn memangg sy lihat dia malas makan, tpi yg aneh, dia kok kadang menghadap ke atas,trus dia agak buka mulutnya, melihatkan giginya.. mhon pnjelasannya ya gan

Kelinci saya setelah molting,sehat dan kembali rajin makan,dia masih kurus. Tetapi,ini hanya berlangsung 1 hari,krna 1 hari kemudiannya, kelinci saya mati.Tolong di beri solusi dong,supaya kalau terjadi lagi bisa dicegah, apakah harus diberi vitamin, atau kah memang kelinci sya sakit/keracunan ??

Sebaiknya lain kali klo ada masalah lngsng tlp aja biar bisa lebih jelas menceritakan kondisi kelincinya. Soalnya aneh sekali, sehat kembali dan rajin makan tp besoknya mati. Solusi seperti apa yg diminta?

Mao tanya gan klo kelinci sehari abis dikawinin pas dideketin lagi ama jantannya kenapa si betinanya keluar bunyi 'ngruuukk ngruukk' mohon penjelasan gan? Thx ^-^

Berarti sukses kawinin kelincinya, penjelasannya seperti keterangan diatas.

Boleh gak kelinci jantan&betina yg sdh dewasa disatukan terus menerus?

Pak, mohon izin ngutip gambarnya ya... terima kasih sebelumnya

mas klinci yg jantan pnya sya kalau mau dkatin betina , betina nya suka kayak mau matuk gitu ..
terus tiap malam ada aja keributan di kandang gara2 betina dikejar sama yg jantan ..
itu knapa ya ?
sy ud coba raba perutnya tapi sy bingung dan takut krena betina nya marah ..

Kelincinya digabungin 1 kandang ya?
Sebaiknya langsung dipisah aja, kemungkinan besar betinanya sudah bunting klo berdasarkan perilakunya.

Kelinci aku kok blm hamil juga yaa sampe skrg ? Padahal aku udah pernah liat mereka kawin 2x. Si betinanya jg skrg lebih jahat, suka nggereng nggereng gitu suaranya kalo dideketin. Udah lama juga aku jadiin 1 kandang sama si jantan. Kalo boleh tau solusinya apa yaa hehehe makasiii

Silahkan baca cara mengawinkan kelinci http://tabosrabbit.blogspot.com/2012/07/cara-mengawinkan-kelinci.html

gimana kalo kelinci saya gamau minum ? padahal uda aku sediain minum di kandangnya, ga berkurang juga itu minumnya. tolong bantu solusi yaa, makasii

Biarin aja, secara naluri kelinci pasti minum klo merasa membutuhkan. Jangan lupa ganti air minumnya setiap hari jika menggunakan wadah terbuka.

Mas kelinci saya sudah digabungkan dri kecil sampai sekarang sudah 7 bulanan dan sudah besar sudah beberapa hari ini kelinci jantan selalu ngejar2 betina selalu berisik didalam kandang karena betinanya menolak. Kalo dipegang juga betinanya pasti marah jdi saya gabisa meraba perutnya. Apakah itu tanda2 hamil?

mau nanya.setelah kelinci melahirkan, idealnya butuh berapa hari kelinci siap dikawinkan lagi?

gan, saya mengawinkan kelinci pada pagi hari, saat itu perkawinan berjalan lancar, tapi pas sore hari saya kawinkan lagi si betinanya menggeram dan menolak untuk kawin, 3 hari kemudian saya coba lagi si betinanya tetap tidak mau. Emang secepat itu ya betinanya hamil???????

Iya, tinggal siap2 aja mendapatkan anak2 kelinci sebulan kemudian.

Mas kelinci saya udh hamil nih... tapi saya gabungin sama si jantan... beberapa hari yang lalu dia gerong2 tanah lalu memasukkan jerami ke situ... tapi 2 hari kemudian dia udh kelihatan kurus lagi... dan lubangnya udh ketutup rapat... itu kenapa ya mass :( saya khawatir

Berarti kelincinya sudah melahirkan, secara alami di alam liar pintu lubang memang sengaja ditutup oleh induk kelinci - untuk menghindari predator. Induk kelinci hanya akan masuk ke lubang saat waktu menyusui. Jadi klo kelinci peliharaan dipelihara diatas tanah, perilakunya akan sama.

Mas kelinci saya klo di kawin betinanya nunggangin yang jantan... Betinanya g may di posisi bawah suka kejar2n dan betinanya bunyi nguk nguk gtu itu kenapa ya

Maaf gan mau tanya. Kelinci saya yg jantan sepertinya sudah ingin kawin. Dia kejar2 betina nya terus. Tapi si betina lari menghindar terus. Bahkan saya lihat telinga di betina sepertu luka. Gimana ya...


EmoticonEmoticon