Mengenal Kelinci Dwarf Hotot (Eyes of The Fancy)

Kali ini saya akan membahas tentang jenis kelinci Dwarf Hotot - yang mendapatkan julukan Eyes of The Fancy. Mungkin sebagian besar pecinta kelinci sudah pernah mendengar nama kelinci yang cantik ini... walau agaknya belum banyak yang tahu bila kelinci Hotot itu sendiri terdiri dari - setidaknya - dua varietas yang berbeda.

jenis kelinci dwarf hotot sang eyes of the fancy

Mengapa saya bilang begitu?

Karena sering saya menemui penjual maupun penghobi yang mengatakan bahwa kelincinya adalah jenis Dwarf Hotot, padahal jika dibandingkan dengan standar yang dipakai di Amerika dan negara-negara di Eropa... kelinci tersebut sama sekali tidak sesuai dengan standar.

Disini saya akan mencoba menjelaskan seperti apa sih sebenarnya kelinci Dwarf Hotot itu?



Sejarah Kelinci Dwarf Hotot

Jenis kelinci ini aslinya berasal dari Jerman. Awalnya dikembangkan secara terpisah di Jerman Barat dan Jerman Timur, yaitu pada awal tahun 1970-an. Namun kemudian saling disilangkan untuk mendapatkan keturunan yang lebih sempurna.

Kelinci ini didapatkan dengan menyilangkan kelinci ND black, kelinci Blanc de Hotot, dan kelinci ND REW (red eye white). Dan persilangan ini tidaklah mudah, serta membutuhkan waktu agak lama untuk mendapatkan hasil yang benar-benar sempurna.

Pada generasi awal, kelinci-kelinci yang dihasilkan masih mempunyai warna hitam pada bagian telinga dan terkadang titik-titik hitam pada bagian belakang tubuhnya. Namun dengan proses seleksi yang ketat akhirnya didapatkanlah jenis kelinci Dwarf Hotot seperti yang kita ketahui sekarang.

Kelinci ini pertama kali diperkenalkan th.1981 pada Konvensi ARBA di Syracuse, New York. Dan akhirnya kelinci ini mendapat pengakuan dari ARBA sebagai jenis baru pada th.1984 dengan julukan "Eyes of the Fancy".

Ciri-Ciri Umum Kelinci Dwarf Hotot

Ciri-ciri kelinci Dwarf Hotot yang bagus adalah...
  • Mempunyai badan yang kecil dan kompak
  • Kepala bundar dan leher tidak terlihat
  • Mata bundar tebal dan bercahaya - dengan warna coklat gelap
  • Telinga pendek
  • Helai bulunya agak besar namun padat dan sangat lembut
  • Warna bulunya harus putih bersih seluruh tubuh kecuali yang melingkari mata

Berat maksimal yang diakui untuk jenis kelinci Dwarf Hotot ini adalah 1,36 kg, dan berat idealnya adalah 1,13 kg.


Latest


EmoticonEmoticon